Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

1 Buah, 7 Cara dan Lihat Kejaibannya di Kulit Anda

kulit glowing dan sehat bisa didapatkan dengan satu buah ini

Kulit glowing alias bersinar sebenarnya mudah untuk didapatkan asalkan tahu caranya. Kita seringkali menghabiskan banyak uang untuk pergi ke tempat facial dan juga membeli krim wajah dengan harga mahal demi mendapatkan tampilan wajah glowing. Apalagi jika sebentar lagi kita dihadapkan pada acara penting seperti pernikahan. Penampilan wajah yang sempurna tentu sangat diidamkan untuk momen tersebut.

Untuk apa menghabiskan uang untuk membeli bahan-bahan perawatan kulit dengan kandungan bahan kimia berbahaya jika di dapur Anda ternyata ada bahan alami yang bahkan bisa memberikan hasil yang lebih menakjubkan? Selain itu, bahan alami tentunya lebih aman untuk kulit Anda. Bahan apakah itu? Mari kita kupas beberapa resep yang melibatkan tomat sebagai bahan utama untuk menyulap kulit Anda menjadi penuh energi dan lebih cantik hanya dalam beberapa menit.

Tomat merupakan makanan yang tidak hanya baik untuk tubuh, melainkan bagus juga untuk kulit Anda. Mengkonsumsi tomat dapat melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet sekaligus menjaga kulit agar senantiasa awet muda. How come? Tomat sangat kaya akan kandungan lycopene, yaitu sebuah antioksidan kuat yang menawarkan banyak keuntungan bagi kulit, termasuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV, menunda proses penuaan, dan melindungi kulit dari kanker.

The another good news is, selain berkhasiat untuk dikonsumsi, mengaplikasikan buah tomat dengan cara mengoleskannya pada kulit juga dapat memberikan efek yang bagus bagi kulit. Satu diantaranya, tomat memiliki efek mendinginkan kulit dan meredakan kulit yang terbakar matahari. Buah berwarna cerah ini juga memiliki efek antringent yang akan meringkas pori-pori kulit Anda yang besar. Keuntungan lainnya, tomat juga memiliki sifat asam yang dapat membantu menormalkan kondisi kulit berminyak. Ajaibnya lagi, tomat juga dapat memusnahkan jerawat, membersihkan kotoran di kulit hingga ke dasar pori, melawan penuaan dini dan mencerahkan kulit.

Lalu, bagaimana caranya? Here you are:

#1 Tomat Untuk Membuat Kulit Glowing

Bahan yang dibutuhkan
1/2 buah tomat masak
1/2 sendok teh perasan lemon

Cara Penggunaan
Blender 1/2 buah tomat yang sudah masak hingga menjadi bubur. Campurkan bubur tomat tadi dengan air perasan jeruk nipis. Gunakan kapas steril untuk mengaplikasikan campuran tadi ke seluruh permukaan wajah. Biarkan selama 10-15 menit. Sesudah itu bersihkan menggunakan air dingin. Tepuk-tepuk menggunakan handuk bersih hingga kering. The last but not least, gunakan beberapa tetes minyak zaitun untuk melembabkan kulit Anda.

#2 Masker Tomat dan Lemon Untuk Jerawat

Campurkan tomat yang telah dicincang halus dengan satu sendok makan jus lemon. Oleskan campuran tersebut pada wajah Anda dan biarkan mengering dengan sendirinya. Cara tersebut sangat efektif untuk Anda yang ingin memiliki wajah glowing, mengurangi minyak berlebih, sekaligus menyembuhkan jerawat. Di samping itu jika Anda mau melakukan perawatan ini secara teratur, jangan heran jika dalam beberapa waktu ke depan kulit wajah Anda berubah menjadi lembut dan kencang. 

Anda pasti tidak menolak untuk mendapatkan kulit menawan dan terhindar dari penuaan dini bukan? Just try it!

#3 Masker Tomat dan Minyak Zaitun Untuk Kulit Kering

Untuk melakukan perawatan wajah ini, Anda perlu memotong buah tomat yang telah masak menjadi 2 bagian. Peras buah tomat yang telah dipotong menjadi 2 bagian ini dan tampung airnya di dalam mangkuk. Tambahkan 1 sendok teh minyak zaitun ke dalamnya, lalu aduk menjadi satu. Sekarang aplikasikan campuran tersebut ke seluruh permukaan wajah Anda, biarkan selama 15-20 menit. Basuh menggunakan air hangat suam kuku hingga bersih. Cara ini sangat baik dan cocok untuk diaplikasikan pada mereka yang memiliki tipe kulit kering.

Apakah Anda merasa kalau wajah Anda kaku dan seperti bersisik? Cobalah cara ini.

#4 Masker Tomat dan Mentimun

Jenis masker wajah ini cocok digunakan untuk wajah yang menjadi gelap setelah terbakar matahari. Buatlah jus dengan bahan dasar tomat dan mentimun segar dengan prosentasi 1:1 dan oleskan campuran tersebut pada area yang membutuhkan perawatan. Biarkan masker tersebut mengering dengan sendirinya selama sekitar 10 menit. Bersihkan wajah menggunakan air bersih. Anda akan terkejut mendapati kulit cokelat Anda kini telah berubah menjadi lebih cerah. 

Kulit terbakar matahari setelah berenang? Jangan khawatir, pakai cara ini saja untuk mengatasinya!

#5 Masker Tomat Untuk Menghaluskan Kulit

Gosokkan buah tomat segar secara langsung ke area kulit Anda, kemudian hentikan sesaat dan relaksasikan kulit Anda selama 2 menit, setelah itu gosokkan lagi potongan buah tomat lainnya selama 2 menit. Jika sudah, basuh wajah Anda menggunakan air bersih dengan suhu normal. Anda bisa melakukan perawatan ini sebanyak 2 kali seminggu atau setiap hari jika mau. Sebagai variasi, Anda juga bisa menambahkan sejumput bubuk kunyit ke dalam ramuan scrub ini. 

Ingin kulit halus secara alami? Cobalah cara ini.

#6 Tomat Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Jika Anda memiliki kulit wajah berminyak yang selalu berkilau layaknya minyak goreng, tomat adalah solusi atas penderitaan itu. Buatlah jus tomat, campurkan sedikit jus mentimun ke dalamnya dan saring. Gunakan kapas higienis untuk mengoleskan cairan tersebut di wajah Anda untuk mengontrol kelebihan minyak. 

Sangat mudah!

#7 Scrubbing Alami Menggunakan Tomat

Irislah bagian atas buah tomat, kemudian taburi bagian tersebut dengan gula pasir halus. Gunakan potongan tomat bertabur gula pasir halus tersebut sebagai scrub wajah. Gosokkan secara perlahan ke seluruh area permukaan kulit wajah dengan gerakan memutar. Perawatan ini akan mengangkat sel-sel kulit mati di wajah Anda secara efektif. Beri perhatian lebih pada area T-zone yang biasanya lebih rentan terhadap komedo. Setelah proses scrubbing selesai, jangan terburu-buru untuk membasuhnya. Diamkan selama 10 menit terlebih dahulu sebelum membilasnya menggunakan air bersih. Setelh itu, tepuk-tepuk hingga kering menggunakan handuk berbahan lembut. Langkah terakhir, oleskan astringent (cairan peringkas pori) dengan cara ditepuk-tepuk, dilanjutkan dengan pelembab sesuai jenis kulit Anda.

Demikianlah 7 teknik perawatan wajah ala rumahan menggunakan bahan utama tomat. Cara ini sangat manjur tanpa efek samping apapun. Tomat dengan kandungan antioksidan yang tinggi sangat bisa diandalkan untuk merawat kecantikan kulit Anda tanpa khawatir akan adanya efek samping yang merugikan.

Well then, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba! ^_^

SUMBER: the healthy archive 


Kata kunci terkait:
tomat untuk kecantikan
tomat untuk kecantikan wajah
manfaat tomat untuk kecantikan
kegunaan tomat untuk kecantikan
kandungan tomat untuk kecantikan
apa manfaat tomat untuk kecantikan

Post a Comment for "1 Buah, 7 Cara dan Lihat Kejaibannya di Kulit Anda"