Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Makanan Untuk Mengatasi Masalah Kerontokan Rambut


Masalah kerontokan rambut paling sering terjadi karena faktor genetik. Namun demikian, pada banyak kasus penelitian menunjukkan bahwa kunci dari rambut yang panjang dan berkilau adalah diet penuh nutrisi. Kekurangan beberapa asupan vitamin dan mineral penting seperti vitamin B6, vitamin E, zat besi, dan seng merupakan penyebab kerontokan rambut yang paling umum.

Sayangnya, pola makan sehari-hari saat ini tidaklah seperti apa yang dilakukan oleh generasi terdahulu kita beberapa dekade yang lampau. Banyak sekali 'polutan' dalam asupan makanan saat ini. Selain itu kita juga harus berhadapan dengan dampak buruk paparan polusi. Satu-satunya jalan keluar untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membiasakan diri kita dengan diet kaya nutrisi yang akan efektif untuk meniadakan efek buruk tersebut.

Lalu diet seperti apakah yang dimaksud? Untuk lebih jelasnya mari kita lihat makanan apa saja yang dapat membantu Anda mendapatkan kembali rambut sehat Anda.

BAYAM


Bayam. Sayuran berwarna hijau tua ini merupakan sumber zat besi, vitamin A, vitamin C, dan protein. Kekurangan zat besi merupakan merupakan faktor utama terjadinya kerontokan rambut. Kabar baiknya, bayam bukan hanya kaya akan zat besi melainkan juga kaya akan zat minyak yang akan berfungsi sebagai pelembab bagi rambut. Selain rambut yang lebih kuat, konsumsi bayam juga akan membuat rambut lebih lembut.

BUNCIS


Buncis. Tanaman polong-polongan ini tinggi akan kandungan zat besi dan juga vitamin B6. Tahukah Anda jika keduanya sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut.

TELUR


Protein adalah kunci untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat. Telur dan berbagai sumber olahan susu lainnya seperti yoghurt juga baik untuk menambah asupan protein dalam menu keseharian Anda. Telur juga sangat kaya akan selenium dan magnesium. Keduanya bagus untuk kesehatan rambut Anda.

WORTEL


Sertakanlah wortel ke dalam sajian sehari-hari Anda sebagai kunci untuk mendapatkan rambut panjang dan tampak berkilau. Dikenal dengan khasiatnya yang baik bagi mata, wortel mengandung vitamin A yang juga baik bagi pertumbuhan rambut.

UBI MANIS


Ubi manis tersaji lengkap dengan kandungan beta karoten. Beta karoten akan dirubah menjadi vitamin A dalam metabolisme tubuh. Selain dibutuhkan oleh mata, asupan ini sangat penting juga untuk rambut karena kekurangan vitamin A dapat berujung pada masalah kulit kepala kering dan gatal.

OATS


Sertakan satu mangkuk besar oat di dalam menu sarapan pagi Anda dan bersiaplah mengucapkan selamat tinggal pada rambut rontok. Oats kaya akan kandungan serat, seng, zat besi, omega 6, asam lemak, dan lemak tak jenuh ganda yang mampu menstimulasi pertumbuhan rambut. Konsumsi oat secara rutin setiap hari. Hasilnya, Anda akan mendapatkan rambut yang sehat dan tebal.

WALNUTS (Kacang Kenari)


Sertakan walnuts dalam diet Anda untuk mencegah kerontokan rambut. Dari sekian jenis kacang, walnut merupakan satu-satunya jenis kacang yang diketahui mengandung biotin, vitamin B1, B6, B9, vitamin E, banyak protein, dan juga magnesium. Semua zat tersebut dapat memperkuat kutikula rambut dan menutrisi kulit kepala. Mereka akan melindungi sel di sekitar kulit kepala Anda dari ancaman kerusakan DNA yang dapat terjadi akibat paparan sinar matahari.

STROBERI


Stroberi. Buah berwarna merah dengan rasa yang manis dan segar ini mengandung silica dalam jumlah tinggi. Zat tersebut sangat vital untuk menjaga kekuatan rambut serta menyehatkan pertumbuhannya. Jangan lupa beli stoberi setiap hari. Tapi Anda tidak usah khawatir jika tidak dapat menemukan stroberi. Anda dapat menggantinya dengan bahan pangan lain yang juga kaya akan silica yakni beras, oats, bawang merah, bawang bombay, kubis, mentimun, dan kembang kol.

AYAM


Jenis protein yang bersumber dari binatang, seperti daging unggas memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan yag bersumber dari sayur-mayur. Protein jenis ini bekerja dengan sangat baik dalam memperkuat rambut yang patah dan juga mencegah kerusakan.

KACANG-KACANGAN


Seperti yang telah dijelaskan di atas, kita telah berulang kali menekankan betapa pentingnya asupan protein untuk mencegah masalah kerontokan rambut. Dalam hal tersebut, kacang-kacangan menjadi sangatlah penting. Selain sebagai sumber protein, mereka juga mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan untuk mengambalikan kesehatan pembuluh darah merah yang akan menyuplai kulit sekitar kepala dengan oksigen yang sangat dibutuhkan demi menjaga kesehatannya. Jadi, jangan lupakan poin tersebut ya.

Demikian kesepuluh makanan kaya nutrisi yang dapat membantu mengatasi masalah kerontokan rambut Anda secara alami. Selain lebih ekonomis dan aman, mengatasi masalah rambut rontok dengan cara ini juga akan memberikan hasil yang jauh lebih baik. Mengapa? Karena nutrisi dari bahan pangan tersebut tidak hanya bekerja secara topikal di area kulit kepala Anda saja. Melainkan bekerja dari dalam sistem metabolisme tubuh secara keceluruhan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, selalu penuhi diet Anda dengan berbagai nutrisi di atas selamanya. Jika Anda telah melakukannya, maka tanpa disadari masalah rambut rontok yang selama ini Anda derita akan sirna dengan sendirinya. Sebagai gantinya Anda akan mendapatkan tampilan rambut yang lebih sehat, lebat, dan juga berkilau secara permanen dan alami.

Tunggu apa lagi? Jika Anda penasaran dengan hasilnya, Anda bisa mulai mengaplikasikan tips sehat di atas mulai dari saat ini juga. Semoga artikel 10 Makanan Untuk Mengatasi Masalah Kerontokan Rambut ini bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya! Terimakasih.

(dinierianggara)


SUMBER : daily health tips

Post a Comment for "10 Makanan Untuk Mengatasi Masalah Kerontokan Rambut"