Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Meningkatkan Kesehatan Wanita, Nomor 5 Sering Diabaikan

meditasi membantu meningkatkan kesehatan wanita

Masalah kesehatan perempuan sedikit berbeda dengan mereka kaum laki-laki. Hal-hal kecil sekalipun seringkali mempengaruhi kesehatan mereka secara signifikan. Jika Anda adalah seorang perempuan, maka artikel ini cocok untuk Anda. Tips berikut akan membuat Anda merasa lebih segar dan energik seketika.

Agar dapat menampilkan sisi terbaik Anda sekaligus mendapatkan mood yang baik dalam usia berapapun, penting untuk menjalankan gaya hidup cerdas dengan pilihan-pilihan terbaik. Berikut adalah beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan oleh kaum perempuan setiap hari untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik:

Tips #1 Makan Makanan Sehat

buah segar baik untuk kesehatan

Apakah Anda benar-benar menginginkan kesehatan berkualitas untuk hidup Anda saat ini? "Sedapat mungkin Anda harus mengkonsumsi makanan dalam bentuk alami", kata Donald Novey, MD, ahli kedokteran integratif di Advokat Medical Group, Park Ridge, III. 

Hal tersebut atinya Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan dalam bentuk aslinya daripada makanan yang telah melalui berbagai proses pengolahan di pabrik. Menyantap gandum utuh serta makanan berserat tinggi disertai mengurangi konsumsi daging, ikan, dan unggas adalah pilihan terbaik. Termasuk memilih susu rendah lemak yang disesuaikan dengan rentang usia. 

"Pada umumnya Anda membutuhkan sekitar 800-1500 miligram kalsium per hari untuk mencegah terjadinya osteoporosis", kata dokter Novey. Hindari makanan dan minuman yang tinggi kalori, gula, garam, dan lemak.

Pola makan sehat akan membantu Anda mendapatkan berat badan ideal sesuai tinggi badan Anda dimana hal ini sangat penting mengingat kelebihan berat badan dapat memicu munculnya banyak penyakit berbahaya. Mencari cemilan sehat? Cobalah sayuran mentah seperti seledri, tomat, brokoli, mentimun. Mereka akan membuat perut Anda merasa kenyang lebih lama dengan kandungan seratnya. Di samping itu kandungan nutrisinya akan memasok kebutuhan harian tubuh Anda dengan baik.

Jika Anda tidak mendapatkan vitamin serta nutrisi yang cukup melalui makanan, mungkin Anda bisa menambahkan multivitamin atau suplemen penambah kalsium untuk memastikan Anda kesehatan Anda terjaga dengan baik. Utamakan untuk membeli suplemen berbahan dasar alami daripada kimia sintetis.

Tips #2 Olahraga

olahraga secara teratur dapat meningkatkan kesehatan wanita

Sakit jantung merupakan pemicu kematian tertinggi diantara para wanita di Amerika. Kabar baiknya, olahraga dapat meningkat kinerja otot jantung dan membuat jantung menjadi lebih sehat. Anda harus berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, 5 hari seminggu. 

"Aerobik (jalan kaki, renang, jogging, bersepeda, menari) sangat baik untuk kesehatan wanita pada umumnya dan terutama untuk jantung Anda", kata Sabrena Merril, MS, personal trainer bersertifikat dan instruktur fitness dan juru bicara dari American Council on Exercises.

Tips #3 Hindari Kebiasaan Beresiko

berhenti merokok baik untuk kesehatan

Rokok memiliki lebih banyak efek negatif daripada positif. Jika Anda menginginkan kualitas kesehatan yang baik, salah satu hal yang harus Anda lakukan adalah jauhi rokok dan perokok. Sudah menjadi rahasia umum jika perokok pasif bisa jadi memiliki resiko kesehatan lebih buruk daripada perokok aktif. Maka tidak ada pilihan lain, jagalah jarak antara Anda dengan rokok dan perokok.

Jangan konsumsi obat-obatan terlarang. Jika Anda mengkonsumsinya maka bersiaplah untuk menanggung resiko yang pasti akan Anda sesali seumur hidup. Say no to cigarettes and drugs!

Tips #4 Manajemen Stres

kelola stres dengan bijak

Tidak peduli apapun tahap kehidupannya, anak, ibu, nenek, seorang wanita seringkali menanggung begitu banyak hal untuk dipikirkan dan menghadapi banyak tekanan dan stres. 

"Ambil beberapa menit dalam sehari untuk bersantai dan kembalikan perspektif Anda seperti semula",. kata Novey. 

Ini tidak akan memakan banyak waktu, dan lagipula kesehatan mental sangatlah penting dan berpengaruh terhadap kesehatan fisik Anda. Anda juga dapat mengelola stres dengan melakukan olahraga, teknik relaksasi, juga meditasi. Tinggal pilih saja cara mana yang paling cocok untuk Anda.

Tips #5 Lindungi Kulit Dari Matahari

bermain di bawah matahari dengan perlindungan SPF

Terpapar sinar matahari secara berlebihan dapat memicu terjadinya kanker kulit yang mematikan. Untuk melindungi diri dari ancaman kanker kulit, gunakan sunscreen yang mengandung minimal SPF15 jika beraktivitas di luar ruangan lebih dari beberapa menit. 

Bahkan meskipun Anda menggunakan sunscreen secara rutin, Anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter secara berkala untuk melihat apakah ada tanda-tanda kanker kulit atau tidak. Tanda-tanda tersebut meliputi perubahan apapun pada ukuran, bentuk, warna, atau adanya bintik hitam, tahi lalat, atau area kulit berwarna merah yang semakin melebar. Jika Anda merasakan tanda-tanda aneh dan mencurigakan seperti itu harap segera menemui dokter.

Tips #6 Cek Untuk Kanker Payudara

cegah kanker payudara

Asosiasi Kanker Amerika tidak lagi merekomendasikan tindakan periksa payudara sendiri sebanyak sekali per bulan untuk wanita. Meskipun demikian, hal tersebut masih disarankan sebagai alternatif untuk wanita, terutama untuk mereka yang telah memasuki usia 20-an. Anda harus waspada terhadap perubahan apapun yang terjadi pada payudara dan melaporkan keluhan apa saja kepada dokter Anda sesegera mungkin. Sementara itu untuk semua wanita berusia 40 tahun dan seterusnya harus melakukan mamografi rutin setiap tahun. Hingga saat ini mamografi adalah tindakan paling efektif untuk mendeteksi adanya kanker sejak dini.

Kesehatan wanita seringkali berubah seiring perubahan usia, namun kondisi kesehatan antara satu wanita dengan yang lainnya pada umumnya hampir sama. Jika Anda mengikuti 6 tips sederhana untuk hidup sehat ini, Anda akan sukses meningkatkan kualitas hidup Anda untuk tahun-tahun yang akan datang.

Demikian 6 Cara Meningkatkan Kesehatan Wanita dengan tips sederhana yang sangat mudah untuk dilakukan namun memiliki efek yang sangat besar untuk menentukan seperti apa kondisi kesehatan Anda untuk beberapa tahun yang akan datang.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk para perempuan pada khususnya dan untuk seluruh netizen pada umumnya. Terimakasih telah membaca. Sampai jumpa di tulisan berikutnya. Selamat mencoba tipsnya dan semoga sehat selalu! XOXO

SUMBER : daily health tips
EDITOR : dinie

Post a Comment for "6 Cara Meningkatkan Kesehatan Wanita, Nomor 5 Sering Diabaikan"