Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Makanan Anti Penuaan Untuk Kulit Anda, Nomor 4 dan 6 Kontroversial

awet muda dengan makanan

Setiap orang menginginkan kulit yang halus dan juga cerah. Berbagai jalan akan mereka tempuh demi mencapai keinginan tersebut. Tahukah Anda? Dengan memperhatikan apa yang Anda makan, Anda dapat meraih tujuan itu dengan lebih cepat. Memang tidak ada makanan ajaib yang bisa seketika mengusir kerutan di wajah Anda, akan tetapi dengan ini kesempatan untuk membuat kulit awet muda berada di tangan Anda.

Pergilah untuk membeli makanan yang dipenuhi oleh berbagai nutrisi secara alami semisal buah, sayur, gandum utuh, kacang, ikan, dan juga berbagai jenis protein nabati lainnya. Gantilah menu harian Anda dengan berbagai pilihan menu tersebut. Lakukan variasi dalam menyiapkan makanan sehari-hari maka Anda akan mendapatkan semua vitamin dan mineral yang Anda butuhkan.

Meskipun makanan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam mengatasi penuaan, jangan hanya terfokus pada piring saji Anda. Lakukan juga olahraga, tidur, dan juga melindungi diri dari sinar matahari, di luar tentang makan apa Anda.

"Jika hal-hal tersebut dilakukan secara teratur maka Anda akan sangat terbantu agar tidak hanya terlihat muda, namun juga selalu merasa muda" kata pakar diet Elisa Zied, penulis buku Younger Next Week.

Siap untuk mengetahui makanan apa saja yang harus ada dalam daftar belanjaan Anda besok untuk mendapatkan penampilan yang selalu muda? Inilah 7 makanan yang sangat bagus untuk dijadikan permulaan.

#1 Gandum Utuh

sarapan gandum utuh dan buah berri

"Saya merekomendasikan karbohidrat kompleks seperti oat/gandum karena mereka memiliki indeks glikemik yang rendah" kata dermatologis New York Debra Jaliman, MD, penulis buku Skin Rules.

Rendah indeks glikemik di sini maksudnya jenis makanan yang tidak akan melonjakkan kadar gula dalam darah Anda dengan cepat seperti roti, mie, dan nasi putih. "Makanan dengan kadar glikemik indeks yang tinggi dikenal dapat memicu terjadinya kerutan dan jerawat" kata Jaliman.

Gandum juga memiliki zat kimia alami yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan dan juga meredakan iritasi kulit.

Coba juga alternatif  gandum utuh lain seperti shredded wheat, barley, beras merah.


#2 Jeruk

jeruk kupas

Jeruk sangat kaya akan air. "Buah ini bisa menghidrasi kulit dan sel Anda", kata Zied. Satu buah jeruk besar adalah sumber vitamin C yang bagus yang akan membantu proses pembentukan kolagen, dan maka dari itu konsumsi jeruk secara cukup akan membuat kulit Anda menjadi kenyal.

Secara umum buah dan sayuran sangat bagus untuk kulit Anda. Makanlah buah dan sayuran dalam berbagai warna maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat darinya.

Coba juga alternatif lain seperti jeruk bali, tomat, peterseli.


#3 Alpukat

alpukat mentega

"Buah ini dipenuhi dengan lemak baik, jenis lemak tak jenuh yang akan membuat kulit Anda terhidrasi", kata Zied. Jenis lemak baik itu juga akan membantu kulit Anda untuk menyerap beberapa vitamin dan nutrisi untuk kulit secara lebih baik.

Cobalah untuk mengganti dressing salad tinggi lemak Anda yang biasanya menggunakan mayonnaise dengan alpukat. "Itu memberikan Anda rasa yang enak dan juga tekstur yang kaya, dan Anda tidak butuh banyak agar bisa kenyang," kata Zied.

Coba juga alternatif lain seperti minyak zaitun, kacang kenari, minyak kacang macadamia


#4 Daging Sapi Tanpa Lemak

sirloin

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa sapi kaya akan lemak yang justru bisa membuat kita gemuk serta berperan dalam mempercepat penuaan. Jika Anda memilih bagian yang tepat dan mengolahnya secara tepat pula, semua akan berbeda.

"Daging sapi tanpa lemak seperti sirloin atas, adalah cara yang bagus untuk mendapatkan protein berkualitas", kata Zied. Protein mampu membantu tubuh dalam proses pembentukan kolagen.

"Makanlah sebanyak 2-4 ons sebanyak 2 sampai 3 kali saja dalam seminggu", katanya. Anda dapat mencoba jenis daging tanpa lemak lain di lain hari.

Ketika Anda memasak sapi, bolak baliklah sesering mungkin. "Memasaknya dalam panas yang tinggi hingga kering dapat menimbulkan zat kimia yang akan menghilangkan semua materian anti penuaan di dalam sapi", kata Zied.

Coba juga alternatif lain seperti tahu, telur, ayam, kacang polong, ikan.

#5 Kubis

sejenis kubis

Kubis adalah sumber vitamin A dan C yang ramah terhadap kulit, setara dengan folat.

Vitamin C dari kubis akan membantu proses pembentukan kolagen. Dan ketika Anda membutuhkan tabir surya, vitamin A dan folat yang ada pada kubis bisa membantu mengurangi iritasi karena sengatan matahari.

Jika Anda ingat kubis dengan rasa takut karena Anda harus merebusnya ketika Anda masih kecil/anak2, ingat: Anda bisa memanggang kubis dengan olive oil sebanyak beberapa tetes dan pasti itu lebih lezat.

Coba juga alternatif lain kembang kol, collard green, brokoli.

#6 Salmon

ikan salmon segar

Ikan salmon adalah salah satu cara sehat untuk mendapatkan asam lemak omega 3 dalam diet Anda. beberapa penelitian menyarankan bahwa omega 3 terutama yang berasal dari ikan, bisa mencegah berkembangnya sel kanker kulit. Pastinya juga membuat kulit Anda menjadi lebih sehat.

Jika memungkinkan konsumsilah sebanyak 2-3 ons sajian ikan tiap minggu. Anda dapat memanggangnya dan menyantapnya bersama pendamping dari gandum utuh seperti beras merah atau barley.

Coba juga: flax dan biji chia, kacang kenari, makarel, sarden, susu, telur.

#7 Anggur

 
buah anggur merah kaya akan zat anti penuaan
Resveratrol, zat yang yang bisa didapatkan dari kulit buah anggur ini dapat mengatasi inflamasi. Jaliman berkata "Banyak orang berpikir bahwa anggur dapat memperlambat proses penuaan, dan anggur juga bisa melawan efek buruk dari sinar matahari dan juga sun damage tapi meskipun demikian Anda tetap masih butuh untuk memakai sun screen".

Selain terdapat pada bagian kulitnya, zat anti penuaan juga terdapat pada biji anggur. Sebaiknya Anda tidak membuang biji yang dapat membuat kulit Anda tetap halus dan bebas dari jerawat itu. Jika Anda kesulitan untuk mengunyahnya karena rasa yang pahit, Anda bisa menelannya begitu saja tanpa dikunyah terlebih dahulu.
Coba juga alternatif lain seperti kacang rebus dan juga coklat bubuk murni.



Itulah 7 makanan anti penuaan yang dapat Anda jadikan sebagai alternatif untuk merawat kulit dari dalam demi mendapatkan penampilan yang senantiasa awet muda dan bebas penuaan dini. Proses penuaan memang tidak bisa dihindari, tapi penuaan dini bisa. 

Selamat mencoba tips awet muda secara alami menggunakan 7 makanan anti penuaan ala Dinie ya. Jangan lupa untuk selalu mengecek kesegaran bahan makanan ketika membeli karena sayur dan buah yang layu telah kehilangan sebagian enzim penting di dalamnya!

Terimakasih telah mampir dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. Semoga tulisan ini bermanfaat. ^_^

(dinierianggara)

Post a Comment for "7 Makanan Anti Penuaan Untuk Kulit Anda, Nomor 4 dan 6 Kontroversial"