Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat Madu Yang Tidak Banyak Diketahui, Nomor 3 Penting Banget!!!

manfaat madu murni
madu murni dan berkhasiat

Apakah Anda menyukai madu? Madu memiliki rasa yang manis dan memanjakan lidah. Untuk beberapa kasus, harus diperhatikan bahwa madu tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh bayi di bawah usia 1 tahun. Mengapa? 

Bakteri yang terdapat di udara bisa saja mengkontaminasi madu dan hal ini bisa menyebabkan terjadinya keracunan yang akan memicu melemahnya sel-sel tubuh. Pada kasus lain keracunan ini bisa disertai gejala sesak nafas.

Mayo Clinic merekomendasikan untuk menunggu setidaknya hingga bayi berusia 12 bulan hingga dapat diberikan madu yang diencerkan dengan air. Sementara itu untuk bayi dengan usia 12 bulan dan seterusnya sudah bisa mengkonsumsi madu dengan aman. 

Organ pencernaan bayi di atas satu tahun sudah terbentuk secara sempurna sehingga dapat mengatasi adanya bakteri yang mungkin terdapat pada madu meskipun hanya dalam jumlah sedikit.

Konsumsilah madu secara benar dan bertanggungjawab maka Anda akan menuai manfaatnya di kemudian hari. Pengetahuan sederhana mengenai manfaat madu untuk kesehatan bisa Anda gunakan sebagai panduan ketika menghadapi kondisi darurat. 

Tahukah Anda bahwa madu dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan selayaknya obat dokter atau bahkan lebih hebat? Check this out!

#1 Meringankan Alergi
alergi pada anak
alergi pada anak

Efek anti peradangan yang terdapat pada madu dan juga kemampuannya untuk meredakan batuk membuat banyak orang percaya bahwa madu juga bisa meredakan gejala alergi musiman seperti batuk dan influenza. 

Meskipun belum ada penelitian medis yang meneliti kemujarabannya, Dr. Matthew Brennecke, dokter naturopati tersertifikasi yang bertugas di Rocky Mountain Wellness Center di Fort Collins, Colo., dilansir dari Medical Daily melalui email, "Teori umum yang ada mengatakan madu berfungsi seperti vaksin alami."

Madu mengandung sejumlah kecil pollen (serbuk sari), yang mana ketika tubuh kita terpapar sedikit daripada material tersebut, tubuh akan terpicu untuk membentuk sistem imun yang akan bertindak sebagai antibodi terhadap pollen tersebut sehingga tubuh akan terhindar dari alergi serbuk sari.

Setelah paparan yang diulang sebanyak beberapa kali, tubuh Anda sudah memiliki antibodi dan menyesuaikan diri terhadap kondisinya saat ini dan oleh karena itu kondisi reaksi alergi seperti demam akan berkurang.

#2 Minuman Energi Alami
membuat minuman dari madu
minuman madu

Madu adalah sumber energi alami dengan kandungan karbohidrat yang minimal. Setiap sendok makan madu hanya mengandung karbohidrat sejumlah 17 gram. Selain itu, madu juga mengandung gula alami.

Gula alami fruktosa dan glukosa dari madu akan langsung menuju peredaran darah dan menghasilkan energi instan untuk Anda. Kenaikan kadar gula dalam darah ini akan bertindak sebagai sumber energi jangka pendek. Anda dapat menggunakannya untuk amunisi latihan untuk mendapatkan ketahanan latihan yang lebih lama.

Berikut ini ada panduan dalam melakukan latihan tergantung tujuan Anda.

Brennecke berkata "Jika tujuan dari latihan Anda adalah untuk mendapatkan otot yang lebih besar, berolahraga dengan perut kosong di pagi hari adalah jalan keluarnya. Ketika tubuh Anda sedang dalam kondisi lapar (ketika bangun tidur pagi hari), dan Anda mulai latihan, Anda akan melepaskan insulin, dimana hal ini akan membantu Anda untuk membuat otot menjadi lebih besar".
Brennecke dalam hal ini memperingatkan bahwa hal tersebut berlaku hanya jika level gula darah Anda berada dalam kadar rendah hingga normal. Untuk Anda yang memiliki keluhan gula darah tinggi sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan ahli kesehatan.

#3 Meningkatkan Daya Ingat
madu untuk meningkatkan daya ingat


Selain memiliki rasa manis, madu ini sangat kaya akan antioksidan yang akan membantu mencegah terjadinya kerusakan jaringan serta penurunan fungsi otak. 


Studi di tahun 2011 yang dipublikasikan di Menopause menemukan bahwa satu sendok makan madu Malaysia dapat meningkatkan memori pada wanita lanjut usia. Ini dapat menjadi terapi alternatif untuk mengatasi penurunan memori terkait masalah hormonal.

Setelah 4 bulan menjalani terapi konsumsi 20 gram madu per hari, waita tersebut merasa bahwa ingatan jangka pendeknya menjadi lebih baik daripada rekan-rekannya yang mengkonsumsi pil hormon.

Madu juga mampu membantu tubuh untuk menyerap kalsium, menurut Brennecke, dimana hal tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan otak. Otak membutuhkan kalsium untuk memproses ingatan dan juga membuat keputusan.

"Seiring masyarakat kita semakin menua, kemungkinan terjadinya demensia semakin meningkat disebabkan oleh kondisi kurangnya konsumsi vitamin dan mineral yang semakin merajalela," katanya.

#4 Pereda Batuk
madu bisa meredakan batuk

Madu dapat menjadi obat batuk alami terbaik ketika batuk mulai melanda. Batuk membandel yang tidak kunjung sembuh dapat diatasi dengan mudah dengan 2 sendok teh madu, menurut sebuah penelitian di tahun 2012 yang dipublikasikan di jurnal Pediatri. 

Anak-anak usia 1 sampai dengan 5 tahun yang mengalami batuk di malam hari menunjukkan batuknya mulai reda ketika mereka mengkonsumsi 2 sendok teh madu 30 menit sebelum tidur.

Madu dengan tingkat kekentalannya dapat melapisi tenggorokan sekaligus membunuh kuman dan bakteri sedangkan rasa manisnya dapat menenangkan batuk. Madu dipercaya memiliki keefektifan yang setara dengan zat yang terkandung dalam obat batuk yaitu dextromethorphan. Ini efektif digunakan untuk merawat kondisi infeksi saluran pernafasan atas.

#5 Obat Tidur
madu dapat digunakan sebagai obat tidur

Madu dapat menjadi obat yang sehat untuk kondisi sulit tidur di malam hari. Seperti gula, madu dapat juga meningkatkan level insulin dan melepaskan serotonin, sebuah neurotransmitter yang bekerja melepaskan kebahagiaan dan meningkatkan mood.

"Tubuh akan mengubah serotonin menjadi melatonin, struktur kimia yang menormalkan tidur dan juga membuat tidur menjadi lebih berkualitas," Rene Ficek, ahli diet dan ahli gizi di Seattle Sutton's Healthy Eating di Chicago, memberitahukan pada Medical Daily melalui email.

Selebihnya, madu juga mengandung beberapa asam amino, termasuk triptofan. Kenaikan tingkat insulin yang stabil akibat konsumsi madu menurut Brennecke menyebabkan kandungan triptofan pada madu dapat memasuki otak secara bertahap, yang selanjutnya berubah menjadi serotonin, kemudian melatonin yang merupakan pemicu timbulnya rasa kantuk. Hormon ini berfungsi untuk menormalkan durasi tidur dan bangun pada manusia.

#6 Mengobati Ketombe
mengobati ketombe dengan madu

Madu dapat mengatasi kondisi rambut berketombe. Mengaplikasikan madu yang telah diencerkan sebelumnya dengan air hangat pada area yang berketombe kemudian membiarkannya selama 3 jam sebelum dicuci dapat mengurangi gatal dan ketombe. 

Luka di kulit kepala yang diakibatkan oleh garukan sembuh dalam 2 minggu dan pasien bahkan menunjukkan perbaikan kondisi rambut rontoknya. Kondisi tersebut tidak kambuh lagi bahkan setelah 6 bulan berikutnya.

Terimakasih kepada zat anti jamur dan anti bakteri pada madu. Ternyata itu juga bisa menyembuhkan dermatitis dan ketombe yang sering disebabkan oleh tumbuhnya jamur di kepala. Lebih lanjut, madu juga merupakan zat anti inflamasi yang dapat menyembuhkan kemerahan dan gatal di kulit kepala.

#7 Menyembuhkan Luka Dan Luka Bakar
madu dapat menyembuhkan luka

Madu merupakan antibiotik alami yang dapat digunakan dari luar maupun dari dalam. Madu bisa digunakan sebagai perawatan konvensional untuk luka dan luka bakar dengan kemampuannya untuk membasmi kuman dan bakteri. 

Selain itu madu juga akan melindungi luka dari bakteri yang kebal dengan antibiotik methicillin, namanya Staphylococcus aureus (MRSA). 

Sebuah penelitian di tahun 2005 yang dipublikasikan di British Journal of Surgery menemukan bahwa satu dari pasien yang menderita luka  dan bisul di paha menunjukkan perkembangan yang signifikan setelah menggunakan madu secara topikal di daerah yang terluka.

Demikian berbagai khasiat madu yang tidak banyak diketahui orang. Madu adalah obat dari segala obat. Itu baru sebagian kecil saja dari khasiat madu. Sangat mudah bukan cara mengaplikasikan madu dalam kehidupan kita sehari-hari? Jadi tunggu apa lagi. Dapatkan segera madu murni pilihan di penjual terpercaya langganan Anda.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. Selamat membuktikan 7 manfaat madu untuk kesehatan. Good luck for you! ^_^

(dinierianggara)

1 comment for "7 Manfaat Madu Yang Tidak Banyak Diketahui, Nomor 3 Penting Banget!!!"