Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempe Cabai Hijau alias Tempe Lombok Ijo

tempe sangat lezat diolah dengan cabai hijau

Tempe adalah makanan nusantara yang popularitasnya telah mendunia. Bahkan di salah satu negara barat sana harga tempe bisa lebih mahal dari logam mulia. Sementara itu di negara asalnya sendiri tempe malah seperti kurang peminat. Hmm padahal rasa dan kandungan gizinya benar-benar tidak bisa diremehkan lho guys!

Tempe sudah lama menjadi salah satu makanan favorit saya. Bisa dikatakan sejak kecil saya sudah dikenalkan pada tempe oleh kedua orangtua saya. Mungkin karena itulah saya jadi sangat menyukainya. Seakan-akan tempe harus selalu ada di meja makan.

Tempe adalah sumber protein andalan saya karena saya tidak terlalu mengandalkan bahan makanan berbasis hewani untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan protein. Aneka olahan kedelai pun sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh. Jadi mengapa harus menambahkan bahan-bahan hewani padahal tahu kalau protein hewani lebih sulit dicerna oleh tubuh? Inilah pilihan saya :)

Well, mari kita mulai memasak!

Bahan utama:

Tempe 1 papan

Bumbu:

Bawang putih ukuran sedang 3 siung
Bawang merah ukuran sedang 8 siung
Cabai hijau segar ukuran gendut 8 buah
Tomat 1 buah
Kecap manis secukupnya
Gula aren sejumput
Garam secukupnya
Merica bubuk secukupnya
Minyak untuk menumis dan menggoreng

Cara memasak:
Pertama, potong tempe menjadi ukuran dadu lalu goreng hingga warnanya berubah menjadi cokelat keemasan, kemudian tiriskan.
Kedua, iris buah tomat yang telah dicuci menjadi 4 bagian dan sisihkan.
Ketiga, iris tipis bawang merah, bawang putih, cabai hijau, dan gula aren kemudian sisihkan.
Keempat, panaskan 3 sendok makan minyak sayur kemudian masukkan bawang putih, tunggu hingga harum, lanjutkan dengan memasukkan bawang merah, cabai hijau, irisan tomat lalu aduk hingga semua bahan layu dan mengeluarkan aroma wangi.
Kelima, setelah bumbu matang Anda harus memasukkan tempe yang telah digoreng sebelumnya sambil terus diaduk rata.
Keenam, masukkan irisan gula aren, kecap manis, kemudian sejumput garam sambil dibolak balik terus supaya tidak gosong.
Ketujuh, kecilkan api lalu taburkan sejumput merica bubuk di atasnya.
Terakhir, matikan api, aduk sekali lagi, cek rasa dan sajikan!

Voila! Tempe cabai hijau ala Diens siap untuk disajikan. Sebagai bocoran untuk Anda, masakan rumahan tanpa MSG ini memiliki rasa yang nyummy dengan karakter pedas manis dan gurih. Aroma khas cabai hijau segar pun membuat masakan ini semakin menggugah selera.

Sebagai penduduk Indonesia yang baik dan mencintai produk-produk Indonesia, alangkah indahnya jika kita mencintai makanan khas negeri ini jauh sebelum mencintai kuliner asing. Salah satu bahan pangan milik Indonesia yang wajib kita cintai adalah tempe. Siapa bilang makanan murah meriah ini tidak bisa disulap menjadi makanan lezat? Buktinya oseng tempe cabai hijau ini soo nyummy...!!!

Dengan harga yang jauh lebih murah dari daging, tempe menjadi sangat potensial untuk dijadikan bahan pangan pilihan untuk memenuhi asupan protein sehari-hari. Jadi tunggu apa lagi, segera penuhi kulkas Anda dengan tempe untuk 3 hari ke depan dan asah kreativitas memasak Anda. Ciptakan aneka menu lezat menggunakan bahan ala Indonesia yang siap mendunia. Orang luar negeri saja menyukai tempe, masa kita para penduduk asli Indonesia tidak gemar makan tempe?

Well, sekian dulu tulisan dari saya hari ini tentang resep masakan sederhana menggunakan bahan khas nusantara yang luar biasa bergizi dan pastinya nikmat. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba! See you on the next post ^_^

(dinierianggara)

Pencarian terkait:
tempe cabe ijo
tempe lombok hijau
tempe kecap
tempe dikecapin
tempe cabai hijau
tempe enak
oseng tempe lombok ijo
resep tempe lombok ijo


Post a Comment for "Tempe Cabai Hijau alias Tempe Lombok Ijo"