Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

WAJIB TAHU! 8 Cooking Hack Paling Bermanfaat

kreasi sajian kentang rebus dengan nuansa horor

Sebuah pepatah bijak pernah berkata, cara paling mudah untuk meraih hati seorang lelaki adalah dengan memanjakan perutnya. Pepatah lain berkata, jika kau ingin memikat hati seorang wanita maka memasaklah untuknya. Kedua pepatah ini sangatlah tidak mengada-ada mengingat masakan yang lezat bisa lebih mengagumkan daripada sekedar rayuan gombal.

Psst... memasak itu butuh keterampilan yang tidak sembarangan lho guys.

Beberapa orang memang terlahir dengan bakat memasak yang baik, atau bisa juga ada faktor lain yang mendukung. Mungkin beberapa orang cukup beruntung untuk terlahir di lingkungan keluarga yang suka memasak. Alhasil mereka tumbuh besar menjadi seorang koki profesional dengan dukungan sang alam.

Sayangnya, beberapa orang lainnya tidak seberuntung itu untuk terlahir sebagai seorang koki. Mereka tidak handal untuk meracik resep di dapur bahkan selalu merasa grogi setiap kali berhadapan dengan kompor dan wajan.

Kabar baiknya, ada begitu banyak trik di luar sana yang dapat membantu seseorang yang bahkan tidak tahu nama-nama bumbu dapur bisa menjadi seorang koki profesional dalam sekejap.

Berikut trik memasak paling praktis dan hemat waktu ala chef hanya untuk Anda.

#1 Membuat mangkuk dari coklat menggunakan balon

buatlah mangkuk coklat untuk digunakan sebagai plate desert yang cantik

Menyiapkan mangkuk coklat sebagai wadah sajian penutup adalah ide yang bagus. Selain cantik penampilannya, mangkuk coklat ini juga bisa dimakan. Nyummm...

Anda hanya perlu menyiapkan mangkuk, balon, dan coklat cair pastinya. Masukkan coklat cair ke dalam mangkuk, kemudian tekan menggunakan balon yang berisi air. Tunggulah selama beberapa detik maka cokelat akan mengeras dan menempel pada balon. Anda hanya perlu mengempeskan balonnya dan jadilah mangkuk cokelat cantik! Sekarang tinggal siapkan dessertnya deh.

#2 Percikkan air pada roti basi dan panggang untuk membuatnya segar dan renyah kembali

roti yang hampir basi pun bisa disulap jadi segar lagi dalam sekejap

Jika roti yang Anda miliki terlihat sudah agak basi dan Anda sedang tidak punya banyak waktu untuk membeli stock ke minimarket, pakai saja cara ini.

Cukup siramkan air secukupnya pada roti tersebut kemudian panggang selama 5-10 menit di dalam oven. Voila! Rotinya jadi segar dan renyah seperti baru saja dibuat. Bisa buat sarapan nih.

#3 Masukkan tiram ke dalam microwave selama 10-20 detik untuk membuatnya lebih mudah dibuka

trik membuka tiram dengan lebih mudah

Membuka tiram memang butuh sedikit tenaga ekstra. Seringkali tiram-tiram itu menutup terlalu rapat dan membuatnya jadi sulit dibuka. Anda tidak perlu memaksa membukanya menggunakan pisau. Nanti yang ada malah membuat jari Anda beresiko terpotong. 

Masukkan saja tiram tersebut ke dalam microwave selama 10-20 detik. Cangkang tiram akan mengendur dan lebih mudah untuk dibuka tanpa usaha yang terlalu keras.

#4 Panggang ikan Anda di atas irisan lemon segar agar tidak lengket


memanggang ikan di atas irisan lemon agar tidak lengket dan juga lebih gurih

Ikan seringkali lengket atau bahkan hancur karena menempel pada panggangan ketika dipanggang. Hmm sedih deh kalau ikannya hancur. 

Oops tapi kalau Anda memanggangnya di atas irisan lemon seperti gambar di atas, ikan akan lebih mudah disiapkan dan juga memiliki rasa yang lebih gurih. Hal yang paling penting adalah ikannya tidak akan hancur. Nice!

#5 Rendam telur dalam cuka putih selama beberapa menit sebelum merebusnya

rendam telur dalam cuka agar putih telur tidak hancur ketika direbus

Untuk membuat telur rebus yang cantik, caranya mudah. Agar putih telur tidak hancur ketika kita merebusnya, pakai trik ini. 

Rendam telur dalam larutan cuka selama beberapa menit terlebih dahulu. Kemudian pecahkan telur itu dan rebuslah. Anda akan melihat putih telur tetap dalam bentuknya dan tidak hancur. Cantik!

 #6 Biarkan telur berada di dalam kulkas selama beberapa hari agar mudah dikupas

taruh telur di kulkas selama beberapa hari agar mudah dikupas ketika direbus

Telur rebus memang terkadang sulit untuk dikupas. Tahukah Anda? Jika telur rebus Anda sulit dikupas, itu artinya telur tersebut benar-benar masih baru. Cobalah untuk membiarkannya selama beberapa hari di dalam kulkas sebelum merebusnya, maka Anda tidak akan kesulitan lagi untuk mengupasnya.

Rahasianya, telur yang sudah berumur beberapa hari alias tidak terlalu segar akan lebih mudah dikupas. Sementara telur segar lebih sulit untuk dikupas.

#7 Masukkan beberapa irisan buah apel untuk mendapatkan kue yang lembut dan moist

irisan buah apel dapat menjaga kelembutan cake

Cake panggang seringkali menjadi agak keras dan kering setelah beberapa saat keluar dari oven. Untuk membuat kue tetap lembut dan moist, simpan kue tersebut dalam wadah bersama beberapa irisan buah apel segar di dalamnya.

#8 Potong makanan dengan benang gigi untuk hasil rapi

mengiris roll cake menggunakan benang gigi akan menghasilkan potongan yang lebih rapi

Terkadang memotong kue ataupun roll cake bisa membuat Anda kerepotan karena kuenya coel ataupun rusak akibat pisau yang keras. Anda bisa mengatasinya dengan memotong makanan-makanan lunak seperti ini menggunakan benang gigi. Gunakan saja seperti sedang memakai gergaji. Hasilnya akn lebih rapi.

Yuhuuu...itulah kedelapan cooking hack yang sangat praktis dan pastinya bisa membantu Anda untuk memasak dengan lebih kreatif, menghasilkan makanan yang cantik, dan juga lebih menghemat waktu. Semoga trik-trik sederhana ini dapat dipraktekkan dengan mudah dan pastinya bermanfaat untuk Anda.

Selamat memasak! ^_^

(dinierianggara)

Post a Comment for "WAJIB TAHU! 8 Cooking Hack Paling Bermanfaat"