Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

WANITA WAJIB CEK! Sudahkah 5 Nutrisi Ini Anda Cukupi?

labu (oranye) adalah salah satu sumber magnesium yang baik

Kebutuhan nutrisi setiap individu memang berbeda-beda satu sama lain. Ketika pada umumnya manusia memiliki kebutuhan akan nutrisi, vitamin, dan mineral yang hampir sama antara satu individu dengan yang lainnya, ternyata seorang wanita membutuhkan sesuatu yang agak berbeda. Hal tersebut terjadi karena tubuh wanita selalu berubah-ubah sepanjang fase hidupnya.

Setiap fase kehidupan seorang wanita mulai dari masa kecil, remaja, dewasa, menjadi ibu, bahkan hingga masa menopause selalu diwarnai dengan perubahan-perubahan baik secara fisik ataupun hormonal yang tidak pernah berhenti. Hal ini tentunya berpengaruh juga pada kebutuhan nutrisi hariannya. Asupan nutrisi seorang wanita harus disesuaikan dengan setiap fase yang sedang dijalani.

Pada tulisan berikut ini kita akan membahas nutrisi yang paling dibutuhkan oleh wanita secara umum. Inilah 10 nutrisi terbaik yang paling dibutuhkan oleh perempuan sepanjang hidupnya. Check them out!

#1 Asam Folat

Asam folat menjadi sangat penting ketika seorang perempuan memasuki usia dimana dirinya sudah baligh atau siap dibuahi. Akan tetapi, meskipun asam folat sangat penting untuk wanita yang sedang berada dalam program kehamilan,  vitamin ini tetap bermanfaat bagi perempuan di usia berapapun. Vitamin ini penting untuk perempuan yang sedang berada dalam program kehamilan untuk mendukung kesehatan kehamilannya.

Seorang wanita dengan kehamilan harus mendapatkan asupan asam folat yang cukup. Kekurangan asam folat dapat berakibat pada cacat tabung syaraf janin yang berujung pada kelainan cerebral palsy.

Jika Anda hendak mambeli vitamin asam folat untuk masa prenatal, itu tidak dilarang. Namun jika ingin mendapatkannya secara alami Anda bisa mendapatkan vitamin ini dari berbagai sayuran berdaun hijau, alpukat, dan hati.

#2 Zat besi

Zat besi sangat penting untuk pertumbuhan dan juga perkembangan jaringan. Kekurangan zat besi dapat berakibat pada kondisi kelelahan, insomnia, dan sulit konsentrasi.

Zat besi berfungsi menyimpan dan mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Kaum wanita kehilangan banyak darahnya ketika masa menstruasi setiap bulan. Hal ini berakibat pada kondisi kehilangan zat besi dalam jumlah yang signifikan karena zat besi berada di dalam darah. Akibatnya, perempuan yang sedang mengalami masa menstruasi seringkali merasakan tubuhnya lemah bahkan sampai pingsan. Wanita perlu memastikan angka ketercukupan zat besi pada tubuh mereka terutama pada kondisi menstruasi. 

Asupan zat besi ini bertujuan untuk menggantikan sejumlah darah yang keluar. Sumber zat besi alami yang baik termasuk brokoli, kacang polong, hati, daging merah, dan ginjal.

#3 Kalsium

Kalsium merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi. Kalsium selalu dibutuhkan oleh tubuh sepanjang hidup. Pada masa senja, kalsium bahkan lebih diperlukan dalam jumlah yang berlipat seiring dengan berkurangnya jumlah kalsium dalam tubuh. Sebagai informasi, manusia akan mulai kehilangan kalsium dari tubuhnya ketika dia memasuki usia 35 tahun.

Kalsium juga berperan sebagai faktor penting untuk menjaga kelangsingan tubuh dan mengurangi gelaja PMS pada wanita. Sumber kalsium alami terbaik berasal dari bayam, kubis, kacang almond, kedelai hitam, susu, dan keju.

#4 Vitamin D

Vitamin D termasuk vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh, namun kebanyakan orang tidak mendapatkannya dalam jumlah yang cukup. Jika Anda ingin mengetahui apakah kebutuhan kalsium Anda telah terpenuhi, Anda dapat pergi ke dokter dan menanyakannya.

Banyak orang tahu bahwa mereka bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, tapi untuk melakukan hal ini tidaklah semudah itu. Mengkonsumsi suplemen juga termasuk ide bagus jika Anda tidak mau terkena paparan sinar matahari atau tinggal di daerah yang tidak mendapatkan cukup sinar matahari.

Vitamin D bermanfaat untuk menstabilkan mood dan menjaga kesehatan payudara. Vitamin D juga penting untuk membantu proses penyerapan kalsium. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D sebaiknya Anda berjemur di bawah sinar matahari di antara jam 6 pagi hingga 9 pagi. Sinar matahari pada jam tersebutlah yang memiliki manfaat untuk membantu mengubah pro vitamin D dalam tubuh menjadi vitamin D.

#5 Magnesium

Magnesium berperan penting dalam banyak reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh. Magnesium adalah nutrisi yang penting untuk syaraf, kekencangan otot, dan kekuatan tulang. Mineral ini akan bekerjasama dengan kalsium untuk menjaga kepadatan tulang.

Magnesium juga mencegah terjadinya osteoporosis. Magnesium dapat dimanfaatkan untuk mencegah penyakit kardiovaskular dan menormalkan tekanan darah. Makanan sumber magnesium terbaik bisa didapatkan dari biji labu (kwaci), bayam, kedelai hitam, kacang almond, dan halibut.


Itulah 5 nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh wanita untuk mendapatkan hidup yang sehat dan berkualitas hingga nanti. Selalu usahakan untuk mendapatkan semua nutrisi tersebut di dalam menu harian Anda. Dalam hal ini, mengambil bahan dari sumber alami adalah pilihan yang bijak.

Sekian artikel tentang 5 nutrisi yang paling dibutuhkan oleh wanita. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba! ^_^

(dinierianggara)

Post a Comment for "WANITA WAJIB CEK! Sudahkah 5 Nutrisi Ini Anda Cukupi?"