Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anda Penikmat Kopi? Baca Ini Untuk Mengetahui 3 Khasiat Kopi Bagi Kesehatan

manfaat kopi murni

Di era milenial seperti saat ini banyak orang tidak bisa meninggalkan rumah sebelum menikmati secangkir kopi. Ya benar, kopi telah menjadi satu bagian dari gaya hidup. Tidak peduli golongan dan kasta kare kopi milik kita semua, mulai anak sekolah hingga pengusaha di rumah mewah.

Faktanya, bagi segelintir orang kopi bak sebuah kewajiban. Tidak sedikit pula orang yang mengkonsumsi bergelas-gelas kopi setiap hari. Terdengar sedikit 'menakutkan' memang. Tapi begitulah kopi dalam gaya hidup generasi masa kini.

Berbagai kontroversi membanjiri media di berbagai lini. Memperdebatkan fakta di balik khasiat kopi untuk kesehatan. Sebagian setuju, sebagian tak mau tahu. Jika mau mencari lebih jauh, telah banyak jurnal ilmiah yang membahas tentang ini. Namun apa daya kontroversi belum mau terhenti.

Di satu sisi ada pihak yang mengklaim bahwa konsumsi minuman kopi dalam jumlah tertentu dapat menunjang kesehatan. Akan tetapi di sisi lain mereka mengklaim bahwa kopi bisa mengancam kehidupan.

Sebagai seorang awam, saya ikut dibuat bimbang. Maka solusi terbaik dari saya adalah mengkonsumsi kopi seperlunya saja. Sekedar sebagai teman berbagi rasa, baik suka maupun duka.

Berapa Kali Sehari Minum Kopi yang Sehat?

Pertanyaan ini pasti ada di benak Anda para pecinta kopi. Kabar baiknya, mengkonsumsi satu hingga dua cangkir kopi per hari masih bisa ditoleransi. Dengan membatasi asupan harian Anda seperti itu diharapkan tubuh tetap bisa meraup manfaat menyehatkan dari si biji hitam.

Konsumsi kopi hingga bergelas-gelas dalam satu hari dapat membahayakan kesehatan Anda secara nyata. Terlebih jika Anda termasuk sudah berumur. Asupan minuman seperti kopi harus benar-benar diperhatikan porsinya.

Seiring pertambahan usia biasanya masalah kesehatan yang muncul pun kian beragam. Contoh paling sederhana adalah menurunnya imunitas tubuh, berkurangnya kepadatan tulang, syaraf melemah, hingga diabetes.

Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Seiring derasnya aliran statement tentang kopi, beberapa penelitian menyebutkan bahwa kopi memiliki kekayaan manfaat bagi tubuh manusia. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut;

#1 Kopi untuk Mencegah Alzheimer

Penyakit alzheimer biasanya muncul pada usia yang telah tergolong lanjut. Saat Anda memasuki masa senja, kemampuan sel otak pun perlahan menurun. Efeknya adalah berupa penurunan daya ingat, kemampuan motorik, serta kemampuan kognitif.

Dengan demikian aktivitas sehari-hari juga ikut terganggu. Sebuah penelitian di Amerikan menyebutkan bahwa kandungan kafein pada kopi murni bisa merangsang sel otak agar tetap berada pada kondisi terbaiknya dan tetap aktif untuk jangka waktu lama. Dengan demikian alzheimer bisa dicegah.

#2 Kopi untuk Mencegah Diabetes

Diabetes adalah sebuah penyakit yang terkait dengan sistem metabolisme tubuh berupa terganggunya fungsi insulin atau yang sering disebut dengan resistensi insulin. Dengan demikian tubuh tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang mencukupi.

Akibatnya kadar gula darah akan merangkak naik di atas batas normal dan sulit untuk dikendalikan. Penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan namun sangat bisa dikondisikan agar tetap terkontrol.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di American Chemical Society menyebutkan bahwa antioksidan yang terkandung di dalam kopi dapat menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap baik. Ini akan memberikan pengaruh positif pada kestabilan kadar insulin serta mencegah terjadinya diabetes.

#3 Kopi untuk Mencegah Stroke

Stroke adalah sebuah penyakit serius yang menimbulkan kerusakan pada jaringan otak. Kondisi ini bermula dari kekurangan suplai darah yang merupakan akibat dari adanya masalah penggumpalan darah.

Penelitian menyebutkan bahwa konsumsi satu cangkir kopi per hari tanpa tambahan gula dapat membantu memperlebar pembuluh darah sehingga akan mencegah terjadinya penggumpalan darah dan otomatis juga mencegah stroke.

Itulah 3 penyakit mematikan yang dapat dicegah kemunculannya dengan cara minum kopi hitam dengan mengikuti aturan minum kopi yang baik secara rutin. Tentunya kopi yang dipilih juga harus murni dan organik, bukan kopi instan.

Sekian dulu untuk hari ini, semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya, insyaa Allah! Memiliki pertanyaan, saran, atau komentar terkait tulisan ini? Silakan tinggalkan pesan Anda di kolom komentar di bawah sana. Komen yuk?!


(diens)

Post a Comment for "Anda Penikmat Kopi? Baca Ini Untuk Mengetahui 3 Khasiat Kopi Bagi Kesehatan"