Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Steak Daging Sapi Sederhana ala Rumahan


Assalamu'alaikum sobat fooders, selamat datang di blog saya! Dalam nuansa menjelang idul Adha, kebayang nanti bakal banyak stok daging sapi di kulkas dong. Mau dimasak apa ya... Ada ide? Kalau dimasak ala makanan barat yang ribet, agak malas cari bumbunya. Cari resep praktis?

Hmm... Kadang harus ke supermarket besar untuk mendapatkan segala macam kecap-kecapan dan lain sebagainya. Sementara tempat tinggal saya ada di pinggiran kota. Ini kebetulan lagi punya daging tapi bumbu dapur tinggal sisa-sisa. Upss malah curhat. Hihi

Daripada bingung mau masak apa mendingan berkreasi dengan bumbu yang ada yuks. Selain lebih praktis karena tidak perlu pergi ke luar rumah untuk mencari berbagai jenis kecap dan saus, memasak dengan bahan seadanya juga sekalian uji keterampilan memasak. Biar lebih kreatif! #alasan

Saya intip ke dapur dulu ya... Nah, ternyata bumbu yang tersisa tinggal saos tiram, kecap manis, saus tomat dan cabai, bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, dan beberapa bumbu lain. 

Kalau resep-resep yang saya baca di internet biasanya pakai kecap inggris tapi kok saya nggak punya stok. Malas juga belinya ke Inggris, jauh gaes! Hehe bercanda!

Baiklah, mari eksekusi memasak steak daging sapi menggunakan bahan seadanya. Eh meski bahan dan bumbunya mepet begitu, saya mau masak steak daging sapi yang yummy lho. Iya, beef steak ala resto! Keren ya? Harusnya enak! #maksa

Okelah mulai masak yuk, biar cepat matang cepat makan?! 

Bahan utama

Daging sapi sekitar 500 gram

Bumbu oles

Kecap manis secukupnya (bisa diskip)
Garam dapur secukupnya
Minyak kelapa atau minyak goreng secukupnya
Lada putih alias merica bubuk 1 sdt atau sesuai selera

Saus steak

Minyak untuk menumis secukupnya
Kecap manis 3 sdm
Saus tomat atau saus cabai secukupnya
Saus tiram secukupnya
1 sdm tepung maizena (boleh diskip)
Garam secukupnya
Bawang bombay 1 buah diiris tipis lalu cincang
Air 1 gelas belimbing
Gula merah 2 sdm

Cara Memasak

Pertama-tama campur semua bumbu oles menjadi satu, kemudian sisihkan.

Berikutnya, ada dua cara yang bisa dicoba yaitu ala barat dan adaptasi ala saya. Kalau yang ala barat ini resep aslinya ya dan bisa dibilang dari sanalah masakan ini berasal. Bebas sih mau pakai cara yang mana. ^_^

1. Steak a la barat

Lumurkan bumbu secara merata pada daging sapi segar yang telah dipukul-pukul menggunakan palu. Panggang menggunakan oven atau bakar pakai frying pan hingga matang. Di Indonesia pan lebih sering disebut dengan istilah teflon. Setelah matang baru ditata di piring saji bersama saus dan garnish. Resep sausnya ada di langkah berikutnya. Baca terus!

2. Steak modifikasi a la saya

Pukul-pukul daging sapi yang sudah diiris menggunakan palu lalu rebus daging bersama 1 buah pepaya muda dan beberapa buah sendok stainless steel. Lamanya sekitar 30 menit. Sambil dicek kematangannya ya?! Jika sudah, segera angkat lalu tiriskan.

Catatan! Palunya diusahakan pakai yang khusus untuk membuat steak daging ya, tapi kalau tidak ada, pakai palu yang biasa dipakai tukang kayu juga oke. Seadanya saja yang penting bersih.

Sudah? Oke sekarang balurkan bumbu oles yang sudah dibuat tadi. Oles merata sambil dipijit-pijit pakai jari tangan supaya meresap. Sekarang diamkan dulu selama 30 menit. Sambil menunggu silakan siapkan alat panggang.

Boleh pakai oven listrik, oven kompor, alat pemanggang biasa, atau pakai wajan teflon pun bisa. Saya sendiri menggunakan wajan teflon wanna be. Alias teflon-teflonan. Kalau teflon ori kan harganya lumayan melangit. Lha ini membumi. Hehe pakai apa saja kalau masaknya benar pasti maknyus kok.

Next buat sausnya yaa, bahannya yang gampang saja karena ini versi kilat dan hemat. Langsung ke cara membuat saus steak rumahan simple alias sederhana.

Buat Saus Steak

1. Kupas dan cuci bawang bombay, cincang, tumis hingga harum.
2. Masukkan semua bahan satu per satu.
3. Aduk rata, cek rasa, selesai.
4. Sisihkan dulu untuk disiramkan di atas steak nanti ya.

Plating

Sekarang angkat steak yang telah dipanggang, tata di piring saji. BTW mau pakai piring apa saja boleh, mau pakai daun pisang juga nggak ada masalah. Cuma ya ribet takut nanti saus steaknya mbeleber kemana-mana. Hehe... Sajikan di piring saja setuju ya?

Tata di piring, siram dengan saus steak secukupnya, selesai deh. Begini saja sudah bisa dinikmati. Tapi umumnya sih penyajian steak daging sapi selalu ditemani garnish berupa jagung, wortel, kentang, dan tak lupa buncis rebus/kukus. Sayurnya dipotong-potong lalu cuci dan kemudian rebus selama 2 menit menggunakan api besar (KECUALI kentang agak lebih lama ya rebusnya).

Nyummy! Siap coba resep steak daging sapi rumahan yang sederhana dan enak ini? Silakan share resepnya ke sosmed Anda masing-masing untuk dilihat kembali di kemudian hari. Psst...hari raya Idul Adha sebentar lagi lho! Yuk siap-siap?

Oke sekian dulu yaa untuk hari ini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya, insyaa Allah! Mempunyai pertanyaan, kritik, atau saran terkait resep ini? Yuk langsung tinggalkan pesan Anda di kolom komentar. Mau request artikel juga boleh banget. Cuss komen?! ^_^


(diens)

Post a Comment for "Resep Steak Daging Sapi Sederhana ala Rumahan"