Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[REVIEW] Indomie Rasa Tengkleng Kambing Khas Jawa Tengah

indomie rasa tengkleng khas jawa tengah

Indomie Rasa Tengkleng Kambing Khas Jawa Tengah. Indonesia begitu kaya akan kelezatan kuliner nusantaranya yang beraneka rupa dari Sabang sampai Merauke. Dari Sabang sampai Merauke kita melintasi yang namanya provinsi Jawa Tengah. Ternyata di sana ada kuliner tradisional dengan bahan dasar daging kambing yang termasyur hingga ke luar provinsi. Namanya tengkleng kambing. Rasanya kuliner ini mantap banget lho guys! Kabar gembiranya, kini Indomie Kuliner Nusantara telah meluncurkan varian baru yaitu rasa Tengkleng Khas Jawa Tengah. Pecinta kuliner kambing wajib icip pakai banget. Sebelum icip, kita baca reviewnya dulu yuk?!

Indomie adalah salah satu perusahaan produsen mie instan dengan jumlah konsumen terbanyak di Indonesia. Bukan hanya di Indonesia, mie instan ini juga terkenal hingga ke beberapa negara tetangga. Dua diantaranya adalah Nigeria dan India. Kalau tidak percaya, Anda bisa mengeceknya di channel Youtube. Di sana ada banyak video iklan komersial Indomie versi Nigeria maupun India. Keren ya?!
iklan indomie di nigeria

Sebagai warga negara yang juga ikut bangga dengan produk dalam negeri, saya selalu mencoba setiap varian barunya. Kali ini saya akan mencoba Indomie Rasa Tengkleng Khas Jawa Tengah untuk direview. Khusus untuk Anda. Iya, Anda. Ini betul-betul kali pertama saya mencicipi Indomie rasa tengkleng kambing lho. Wah sungguh penasaran!

PERIZINAN

bukti izin BPOM dan MUI

Indomie rasa Tengkleng Khas Jawa Tengah telah memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia dengan nomor BPOM RI MD 231511086002. Selain itu juga telah tersertifikasi HALAL oleh Majelis Ulama Indonesia dengan nomor sertifikat LPPOM 00090000300799.

KOMPOSISI

Komposisi Mie
kondisi mi setelah dibuka

Tepung terigu, minyak nabati, tepung tapioka, garam, penstabil (nabati dan fosfat), pengatur keasaman, mineral (zat besi), antioksidan (TBHQ), pewarna (Tartazine Cl19140).

Kandungan garam di dalam mie membuat mie tersebut sudah memiliki sedikit rasa asin. Hal ini mungkin ditujukan untuk menambah pengalaman kuliner konsumen dan meningkatkan rasa ketika disajikan bersama bumbu.

Komposisi Bumbu
Garam, TVP, daun bawang, penguat rasa (monosodium glutamat, dinatrium inosinat dan guanilat), gula, bubuk bawang putih, bubuk bawang merah, perisa identik alami kambing, bubuk lada, ekstrak ragi, pewarna karamel kelas I, vitamin (A, B1, B6, B12, Niasin, Asam Folat, Pantotenat). dan bubuk cabe.

Dari bumbu bubuk tersebut dapat tercium sedikit aroma kambing walau tidak begitu kentrara. Tapi yang paling dominan di sana adalah aroma bawang dan penguat rasa. Satu lagi, bumbunya memicu hidung untuk bersin. Mungkin karena serbuk garam dan ladanya.
 
minyak dan bumbu indomie rasa tengkleng di dalam mangkok saji
Komposisi Minyak
Minyak nabati dan bumbu tengkleng.

Di sini tidak disebutkan bumbu tengkleng yang digunakan apa saja. Maka dari itu saya tidak dapat menuliskan mengenai bumbunya. Meski tidak tahu bahan apa saja yang digunakan, secara kasat mata minyaknya berwarna kuning keemasan agak cokelat.

RASA
penampilan indomie rasa tengkleng di mangkok saji

Berdasarkan semua varian Indomie yang pernah saya coba, hanya beberapa saja yang kurang cocok dengan selera saya. Kali ini alhamdulillah lidah saya tidak protes dengan rasanya. Buktinya satu mangkok saya lahap habis tak bersisa. Hehe...

Pertama kali kuah dan bumbu diaduk, wangi bumbu tengkleng sudah memenuhi ruangan. Aroma khas daging kambing sangat terasa di sana. Kuah dan mienya serasi sekali. Mie yang kenyal dipadu dengan kuah hangat dan gurih. Sangat cocok untuk menemani Anda di suasana dingin. Cukup memuaskan.

Kejutan!!!
ada daging kambingnya di dalam kemasan

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa rasa tengklengnya terasa sekali. Ditambah dengan irisan bawang goreng semakin bertambah gurih pula jadinya. Tapi ada yang membuat saya agak terkejut di beberapa suapan terakhir. Di sana saya temukan ada potongan daging kambing asli yang dikeringkan. Kan jadi berasa makan tengkleng betulan.

PERHATIAN!!!
Indomie rasa tengkleng khas Jawa Tengah memiliki aroma yang cukup menyengat. Bau prengus khas daging kambing terasa cukup menusuk hidung. Bagi Anda yang kurang suka terhadap bau kambing, Anda dapat menyiasati bau ini dengan menambahkan beberapa sayuran aromatik seperti daun kemangi.

Saya juga sudah membuat tutorial plus tips membuat Indomie spesial dengan daun kemangi. Sudah baca belum? 

Karena mengandung daging kambing, untuk Anda yang memiliki keluhan hipertensi sebaiknya berhati-hati jika ingin mencicipi varian ini.

LAYANAN PELANGGAN

layanan pelanggan indofood untuk produk mi instan

Jika Anda memiliki keluhan terkait produk ini, Anda dapat langsung menghubungi petugas customer service yang aktif terus. Kabar baiknya, telepon ke nomor ini bebas pulsa. Jadi tidak usah khawatir pulsa akan habis.

Kalau malas berbicara di telepon juga telah tersedia opsi lain yaitu melalui email. Website resminya juga ada lho di www.indofoodcbp.co.id.

KESIMPULAN
Indomie memang juara untuk kompetisi mie instan aneka rasa. Apalagi dengan munculnya varian Indomie Kuliner Nusantara ini. Wah jadi semakin penasaran ingin mencoba varian yang lain. Anda juga pasti penasaran kan dengan semua varian rasa yang ada? Selamat ya untuk Indomie karena sudah meracik Indomie Rasa Tengkleng Khas Jawa Tengah dengan begitu baik. Sudah mirip dengan tengkleng betulan! Rasa-rasanya tidak perlu repot masak tengkleng kalau hanya penasaran dengan rasanya. Karena rasa kuliner nusantara kini hadir dalam Indomie Kuliner Nusantara.

Alhamdulillah akhirnya sampai juga di akhir REVIEW Indomie Rasa Tengkleng Khas Jawa Tengah. Sekian dulu ulasan makanan kali ini dari saya. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang penasaran ingin mencoba TENGKLENG pada khususnya. Semoga bermanfaat juga untuk kawan-kawan netizen pada umumnya.

See you again on the next post. XOXO

(dinierianggara)

Disclaimer : gambar didapatkan dari google dan dokumen pribadi

1 comment for "[REVIEW] Indomie Rasa Tengkleng Kambing Khas Jawa Tengah"

  1. Tengkleng Jogja http://ngelih.com/sensasi-memuaskan-makan-tengkleng-gajah-tengkleng-no-1-di-yogyakarta/

    ReplyDelete