Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cooking Hacks Bermanfaat Ini Akan Menambah Ilmu Tentang Dapur


Hello there! Semangat pagi... Hari ini kita akan bahas tentang cooking hack lagi ya. Well, setiap dari kita terlebih yang memiliki tugas menjadi juru masak di rumah pasti memiliki satu hal yang mereka benci untuk dilakukan di dapur. Misalnya mengiris bawang merah yang bikin mata pedih, atau mengiris bawang putih yang membuat jari jemari jadi bau. Padahal sebetulnya ada cooking hacks yang bisa mempermudah semua pekerjaan itu. Berikut adalah 10 cooking hack yang bisa merubah rutinitas di dapur jadi lebih menyenangkan.

#1 Membuka Tutup Kaleng Kaca Dengan Lakban
Ini sering saya jumpai di kehidupan sehari-hari dan memang menyebalkan. Ketika bertemu dengan sebuah toples yang tutupnya super kencang dan rapat. Itu benar-benar susah banget dibuka. Ternyata untuk membuka tutup toples sejenis ini ada cara yang mudah banget! Anda hanya butuh selotip lakban. Caranya adalah dengan menempelkan selotip lakban pada setengah bagian tutup toples, lalu tarik. Tutup toples akan ikut terbawa bersama selotip lakban yang ditarik tadi.

#2 Membuat Alat Penyiram Tanaman Sendiri
Memiliki beberapa koleksi tanaman di rumah namun alat penyiram Anda rusak dan belum sempat untuk membeli yang baru? Coba cara ini saja. Pakai botol susu cair bekas yang sudah tidak terpakai. Buat lubang-lubang kecil untuk pengeluaran air di bagian tutup botolnya. Voila! sekarang Anda sudah punya alat penyiram tanaman sederhana buatan sendiri deh!

#3 Membuat Telur Ceplok Bulat Sempurna
Telur ceplok adalah favorit setiap orang. Selain praktis dibuat, rasanya pun lezat. Tapi kalau bentuknya berantakan pasti akan mengurangi selera makan dan tidak sedap dipandang mata. Ada sedikit trik sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat telur ceplok yang rapi menggunakan bahan yang pastinya ada di dapur Anda. Caranya, iris tebal bawang bombay dan taruh di atas wajan teflon. Ceploklah telur ke dalam irisan tebal bawang bombay tersebut. Selain rasanya menjadi lebih lezat dan harum, bentuk yang dihasilkan juga unik.

#4 Taruh Roti Tawar Bersama Cookies Buatan Sendiri Agar Lebih Awet
Membuat aneka kue sendiri memang menyenangkan. Selain menyenangkan, bahan yang digunakan juga pasti lebih terjamin. Namun ada satu hal yang biasanya menjadi kendala ketika membuat kue sendiri yaitu masa kadaluwarsa kue. Untuk membuat kue Anda lebih awet, masukkan roti tawar bersama dengan kue Anda di dalam toples. Dengan begitu, sekarang kue buatan Anda dapat bertahan sedikit lebih lama.

#5 Mengeluarkan Makanan Dari Kaleng Dengan Mudah
Terkadang tidak semua makanan bisa keluar dengan lancar dari kaleng ketika dibuka, misalnya saja sarden kalengan. Untuk mempermudah sarden keluar dan tidak bersisa, coba untuk memberi beberapa lubang kecil pada bagian bawah kaleng sebelum membuka bagian atasnya. Ini akan mengurangi tekanan udara dalam kaleng sehingga makanan dapat meluncur keluar dengan mudah.

#6 Membuat Sepatu Berkilau Dengan Kulit Pisang
Jika saat ini Anda sedang kehabisan semir sepatu, coba cek ke dalam lemari es Anda. Barangkali masih ada stok buah pisang di sana. Gunakan kulit pisang untuk menggosok seluruh bagian sepatu kulit, lalu cuci menggunakan sabun dan bilas dengan air. Sepatu Anda akan berkilau layaknya disemir. Oh iya, kulit pisang juga bisa dipakai untuk memutihkan gigi lho guys. Caranya cukup digosokkan saja.

#7 Taruh Sendok Pengaduk Pada Gagang Teflon Ketika Memasak
Pernahkah Anda sedang berada dalam proses memasak di dapur, kemudian harus mengambil garam dan bingung akan melatakkan sendok pengaduk di mana agar tidak berceceran? Jika iya, Anda bisa mencoba cara ini. Ikat sendok pengaduk Anda menggunakan aluminium foil kepada gagang teflon dengan kuat. Anda bisa mengambilnya ketika butuh dan menaruhnya di sana lagi. Dengan begitu dapur juga bisa terlihat lebih rapi tanpa ada tetesan masakan yang berceceran karena membawa sendok pengaduk kemana-mana. Paling-paling resikonya sendok pengaduk Anda akan menjadi panas. Maka, pastikan untuk tidak menggunakan pengaduk dengan gagang baja atau aluminium yang tidak dilengkapi dengan pegangan yang bagus.

#8 Panaskan Pizza Di Atas Kompor Agar Kembali Renyah
Pizza yang tidak habis dan tersisa semalam masih enak untuk dimakan pagi harinya. Namun melahapnya ketika baru saja keluar dari lemari es pasti kurang lezat. Untuk itu, tidak perlu khawatir jika tidak punya microwave. Panaskan saja menggunakan wajan teflon di atas kompor dan dapatkan rasa pizza yang hampir sama dengan ketika Anda baru saja memesannya tadi malam.

#9 Memasak Telur Rebus Menggunakan Oven
Telur rebus sangat enak untuk disantap ketika waktu sarapan tiba. Cara membuatnya pun bermacam-macam. Salah satunya dengan memasaknya menggunakan oven. Sudah pernahkah Anda mencobanya? Caranya cukup taruh telur di loyang panggangan dan panggang dengan suhu sekitar 100 derajat celcius selama 20 menit. Setelah selesai, masukkan telur ke dalam air dingin. Telur panggang Anda siap disantap!

#10 Potong Roti Dari Bawah Agar Rapi dan Tidak Hancur
Apakah Anda suka sarapan dengan roti? Memotong roti menggunakan pisau yang sudah tidak terlalu tajam memang agak sulit. Namun jika hanya itu satu-satunya pisau yang Anda miliki, pakai cara saja. Bagian bawah roti biasanya lebih empuk sementara bagian atasnya lebih gosong dan bertekstur agak keras. Potonglah roti dari bagian yang empuk dulu secara perlahan dan Anda akan mendapatkan potongan roti yang rapi. Jika Anda memotongnya mulai bagian yang agak gosong, roti Anda akan hancur alias coel. Coba deh! 

Nah itu dia kesepuluh cooking hacks yang bisa saya sampaikan hari ini untuk Anda. Memang hanya tips sederhana dan jauh dari kesan mencengangkan, namun trik kecil seperti ini akan menjadi sangat bermanfaat terutama ketika kita berada di situasi kepepet. Jadi tidak ada salahnya untuk sekedar menyimpannya dalam ingatan.

Terimakasih telah membaca. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya. Stay tune ya! ^_^

(dinierianggara)

Post a Comment for "10 Cooking Hacks Bermanfaat Ini Akan Menambah Ilmu Tentang Dapur"