Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasak Kentang Rebus Yang Enak

memasak kentang rebus untuk diet yang enak

Kentang termasuk dalam komoditas makanan alternatif pengganti nasi. Distribusi kentang biasanya dimulai dari daerah dataran tinggi dan menyebar hingga ke kota-kota besar. Bentuknya yang berupa umbi membuat kentang memiliki ketahanan untuk disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Kentang yang disimpan dalam waktu lama tidak akan membusuk. Hanya saja, perlahan-lahan dia akan mengeluarkan tunas. Jika sudah demikian biasanya rasa kentang sudah berubah.

Kentang dapat diolah menjadi aneka masakan lezat nan menggoda selera. Di daerah Banyumas, Jawa Tengah kentang biasa diolah menjadi bahan campuran sop, atau juga dimasak menjadi perkedel, sambal goreng kentang, juga kering kentang. Itu tadi contoh olahan kentang ala Indonesia. Selain itu kentang juga bisa diolah menjadi masakan ala luar negeri. Kadang kita merasa bosan dengan olahan kentang yang itu-itu saja dan mulai mencari info kentang enaknya dimasak apa ya? Nah untuk mendapatkan info tentang olahan kentang al Cara Merebus Kentang Praktis Enak a luar negeri, Anda bisa mencarinya di Google.

Saya sendiri suka mengkonsumsi kentang apa adanya tanpa diolah menjadi masakan ini dan itu. Rasanya yang kentang banget benar-benar membuat jatuh cinta. Dan pada dasarnya saya memang menyukai makanan yang alami. Saya biasa mengolah kentang dengan cara direbus saja. Sangat simple. Oh iya selain simple, kentang rebus juga baik untuk Anda yang ingin menjaga berat badan agar tetap proporsional.

Cara Merebus Kentang Praktis Enak

Penasaran bagaimana cara memasak kentang buat diet? Cara memasak kentang diet tidak perlu ribet mengupas, mengulek, dan lain sebagainya. Anda hanya memerlukan kentang, air bersih, dan juga panci. Oh iya hampir lupa, Anda juga akan membutuhkan sikat untuk membersihkan kentangnya nanti. Langsung saja kita mulai memasak.

#1 Bersihkan Kentang
Mengapa kentang perlu dibersihkan sebelum dimasak? Jawabannya tentu saja agar kesehatannya lebih terjamin. Bisa saja kentang tersebut membawa banyak kotoran dari pasar. Maka langkah pertama sebelum mengolah kentang adalah membersihkannya. Sikatlah kentang satu per satu hingga benar-benar bersih. Jangan sampai ada tanah yang tersisa di sana.

Membersihkan kentang sebaiknya menggunakan sikat agar sisa-sisa tanah yang menempel di kulit bisa bersih maksimal. Selain itu kentang yang sudah disikat juga bisa dikonsumsi bersama kulitnya tanpa khawatir kotor.

#2 Siapkan Panci
Kentang sudah bersih? Sekarang saatnya menyiapkan panci dan air. Isilah panci dengan air bersih secukupnya asalkan tidak terlalu sedikit. Lebih baik airnya banyak daripada kurang karena kalau airnya kurang nanti kentang bisa gosong dan tidak matang. Jika hal ini terjadi hasilnya kentang jadi mubadzir.

#3 Didihkan Air
Anda perlu memanaskan air dalam panci terlebih dahulu sebelum kentang dimasukkan. Tidak perlu sampai mendidih, jika air sudah panas maka Anda bisa memasukkan kentang yang telah dicuci sebelumnya.

#4 Tunggu
Sekarang saatnya menunggu kentang matang. Jangan lupa untuk menutup pancinya agar panas terfokus di dalam panci saja dan tidak menguap ke luar. Ini akan membantu proses memasak kentang agar menjadi lebih cepat matang. Anda boleh sesekali membuka tutup panci untuk mengecek apakah sudah matang atau belum. Akan tetapi usahakan untuk tidak membuka dan menutup tutup panci terlalu sering karena bisa menyebabkan kentang tidak matang secara sempurna.

Cara memasak kentang rebus agar enak adalah dengan memastikan untuk mematikan kompor di saat yang tepat. Bagaimana caranya untuk mengetahui bahwa kentang sudah benar-benar matang sempurna? Lihatlah kentang satu per satu, jika kentang sudah mletek atau terlihat retak maka kentang rebus sudah matang sempurna dan siap disantap.

Kentang rebus yang direbus hingga kulitnya retak seperti ini akan menghasilkan kentang yang empuk, lembut, dan mempur. Kentang yang direbus dengan cara ini akan terasa lembut di lidah ketika dikunyah. Selain itu, rasa kentangnya juga cenderung lebih manis.

Tips

Terutama bagi para penderita diabetes, mengkonsumsi kentang rebus sebaiknya bersama dengan kulitnya. Jangan salah sangka dulu. Kulit kentang yang biasanya dibuang ke tong sampah ternyata memiliki kandungan gizi yang tinggi. Di dalam kulit kentang terdapat vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, kalium, dan  juga serat.

Mengkonsumsi kentang bersama dengan kulitnya selain akan menambah asupan zat gizi bagi tubuh juga sekaligus mencegah terjadinya lonjakan gula darah yang tiba-tiba. Ini tentu saja sangat baik bagi kondisi tubuh si pesakit. Jadi, mulai saat ini jangan lupa untuk mengkonsumsi kentang rebus bersama dengan kulitnya. Untuk meningkatkan efek pengobatan diabetes, Anda bisa menambahkan beberapa batang kayu manis ketika kentang sedang dalam proses perebusan.

Bagaimana? Sangat mudah bukan cara memasak kentang yang enak? Anda dapat mencobanya sekarang juga untuk membuktikan tips merebus kentang ala Diens. Selain direbus, kentang juga bisa diolah dengan cara dikukus. Hasilnya tidak kalah lezat kok!

Demikian ulasan mengenai tips memasak kentang rebus yang enak. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya! ^_^

(diens)

Post a Comment for "Cara Memasak Kentang Rebus Yang Enak"