Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Makan Ini Dalam Kondisi Perut Kosong Atau Perut Anda Akan Bermasalah

perut kosong tidak boleh makan sembarangan

Pernahkah Anda merasa sangat terburu-buru di pagi hari hingga melewatkan sarapan? Jika iya, sebaiknya Anda mengetahui seluruh isi artikel ini. Kita seringkali terjebak dalam keadaan yang sangat tergesa-gesa di pagi hari karena tuntutan untuk segera di tempat tujuan. Karena mementingkan keperluan datang tepat waktu tersebut kita sering mengabaikan kewajiban makan pagi. Banyak orang yang berlalu begitu saja dengan kondisi perut yang kosong.

Sialnya lagi, ketika sudah sampai di tempat tujuan kita seringkali melahap apa saja yang ada di sana karena perut yang lapar tanpa mempertimbangkan apakah makanan tersebut baik untuk dikonsumsi dalam kondisi perut kosong atau tidak. 

Harus Anda pahami bahwa seni mengkonsumsi makanan adalah suatu hal yang sering dianggap remeh padahal efeknya bisa buruk bagi kesehatan. Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan jenis makanan apa yang akan Anda konsumsi ketika Anda sedang berada di dalam kondisi perut kosong tersebut.

Karena ada beberapa jenis makanan yang seharusnya tidak Anda pertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam menu ketika perut Anda masih kosong sama sekali. Banyak orang tidak menyadari kalau makanan bisa berreaksi satu sama lain di dalam tubuh dengan cara yang berbeda. Beberapa makanan bisa memberikan manfaat yang baik bagi tubuh dan beberapa yang lainnya bisa menimbulkan masalah jika dikonsumsi secara tidak tepat.

Kabar baiknya, di artikel ini akan dibahas beberapa jenis makanan yang seharusnya tidak Anda konsumsi ketika perut masih kosong. Baca terus tulisan ini sampai ke ujungnya untuk mengetahui tentang makanan apa saja yang sebaiknya Anda hindari ketika perut Anda kosong.

#1 Pisang
Apakah perut kosong boleh makan pisang? Di dalam buah pisang terdapat kandungan magnesium. Makan pisang saat perut kosong dapat menaikkan kadar magnesium dalam darah. Hal ini bisa berpengaruh buruk pada kesehatan dan performa jantung Anda. Untuk sarapan pagi sebaiknya jangan pilih buah pisang. Pastikan untuk mengkonsumsi buah pisang di saat perut Anda sudah terisi.

#2 Makanan Pedas
Untuk mengisi perut di pagi hari waktu sarapan atau dengan kata lain ketika perut Anda masih benar-benar kosong, makanan pedas sangat tidak disarankan. Terkadang orang Indonesia sangat suka sarapan nasi goreng. Ekstrimnya lagi, beberapa orang yang notabene adalah penyuka pedas bahkan seperti sudah terbiasa sarapan nasi goreng pedas. 

Padahal mengkonsumsi makanan pedas dalam kondisi perut kosong bisa memicu terjadinya suasana asam di lambung bahkan hingga penyakit maag.

#3 Minuman Dingin
Segala jenis minuman yang keluar dari lemari es tidaklah baik untuk dikonsumsi ketika perut kosong. Minuman jenis tersebut akan merusak membran pencernaan. Efeknya bisa ditebak yaitu berbagai masalah pencernaan dari yang ringan hingga berat.

#4 Soft Drinks alias Minuman Soda
Perut kosong minum soda? Mungkin minuman ringan bersoda sangat jarang dikonsumsi saat perut kosong. Memilih untuk tidak mengkonsumsi minuman ringan bersoda saat kondisi perut kosong adalah pilihan yang tepat, terlebih jika minuman tersebut dalam kondisi dingin.

Pada soft drinks terdapat kandungan asam karbonat dalam jumlah yang cukup signifikan yang bisa memicu terjadinya penyakit serius terkait pencernaan Anda. Jika Anda memaksa untuk tetap minum soft drink saat perut kosong, bisa jadi Anda justru akan mengalami muntah. Jika perut Anda kosong lalu muntah, bisa jadi itu karena Anda baru saja minum soft drinks saat perut kosong.

#5 Kopi
Bolehkah perut kosong minum kopi? Mengkonsumsi kopi dalam kondisi perut kosong bisa menimbulkan keasaman dalam perut. Kondisi perut yang terlalu asam tidaklah baik untuk kondisi tubuh secara keseluruhan. Untuk itu sangat disarankan untuk tidak langsung mengkonsumsi kopi saat perut Anda belum terisi oleh makanan apapun.

Jika Anda tetap ingin minum kopi untuk menyemangati pagi Anda, sebaiknya minumlah segelas air bening terlebih dahulu.

#6 Tomat
Meskipun buah tomat memang sangat tidak umum untuk dikonsumsi sebagai bahan sarapan, mengetahui fakta ini tidak ada ruginya. Tomat mengandung asam tanin yang dapat merangsang produksi asam sepanjang saluran gastrointestinal. Jika hal tersebut sampai terjadi maka jaringan di sana bisa rusak dan kesehatan lambung akan terganggu.

#7 Pear
Wah ternyata buah pear juga tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong. Mengapa demikian? Buah pir tidak boleh dikonsumsi ketika perut kosong karena kandungan serat di dalamnya dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada perut. Selain itu, kandungan serat buah pir juga bisa merusak jaringan gastrointestinal.

Meski banyak pakar yang menyarankan untuk mengkonsumsi buah untuk sarapan, pastikan untuk tidak langsung menyantap pir ketika perut Anda masih benar-benar kosong.

Itu dia 7 jenis makanan yang harus Anda hindari di saat kondisi perut masih kosong. Di sana sudah dijelaskan mulai dari efek perut kosong minum soda hingga efek perut kosong makan pedas. Jika kita bisa menghindari berbagai jenis makanan yang dapat memicu terjadinya masalah pencernaan jika dikonsumsi saat perut kosong, niscaya tubuh akan tetap sehat.

Sekian artikel untuk hari ini dan sampai jumpa di artikel berikutnya! ^_^

(diens)

Post a Comment for "Jangan Makan Ini Dalam Kondisi Perut Kosong Atau Perut Anda Akan Bermasalah"