Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Turunkan Resiko Penyakit Jantung Dengan Konsumsi Makanan Enak Ini


Jantung adalah organ vital manusia dimana dia menjadi salah satu penentu kesehatan tubuh secara umum. Sebagai alat yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh, jantung seringkali kurang diperhatikan. Sebaliknya, kita justru sering membebani jantung dengan aneka makanan tidak sehat seperti makanan berlemak dan tinggi kolesterol.

Aneka makanan berlemak sudah tentu tidak baik bagi kesehatan mengingat asam lemak dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Jika seseorang mengkonsumsi makanan berlemak secara terus menerus maka lama-kelamaan akan terjadi penumpukan kolesterol. Penumpukan tersebut dapat berakibat pada terjadinya plak pada pembuluh darah. Pada akhirnya kondisi ini membuat jantung tidak dapat bekerja dengan baik sebagaimana mestinya.

Tahukah Anda? Hampir setengah dari orang dewasa muda berusia antara 18 hingga 25 tahun telah memiliki setidaknya satu gejala penyakit jantung koroner seperti stres dan tekanan darah tinggi. Hal ini paling banyak disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Padahal jika seseorang berkenan untuk menjalankan pola hidup sehat, akan ada ribuan keuntungan yang didapatkannya

Bagaimana Kesehatan Jantung Anda?

Sudah pernahkan Anda mengecek tekanan darah di apotek atau rumah sakit terdekat? Jika Anda memeriksakan tekanan darah dan mengetahui bahwa Anda memiliki tekanan darah yang tergolong cukup tinggi di usia yang baru menginjak 20-an, ini dapat meningkatkan resiko terjadinya penyumbatan arteri di masa yang akan datang.

Penyakit jantung mungkin tidak akan datang dalam waktu yang singkat dalam hidup Anda. Dimulai dari makanan berlemak, timbunan plak kolesterol yang menebal di sepanjang pembuluh darah akan terjadi. Tanpa disadari seiring plak semakin menebal, Anda justru masih tenggelam dalam kebiasaan lama yaitu mengkonsumsi aneka makanan yang kurang sehat dalam jumlah di luar batas yang dianjurkan. Semakin tebal tumpukan plak di pembuluh darah Anda berarti semakin beresiko juga Anda untuk terkena penyakit jantung.

Maka dari itu, menjadi sangat penting bagi Anda untuk menjalankan pola diet dengan menambahkan berbagai nutrisi yang baik bagi jantung dalam makanan sehari-hari. Pencegahan yang dilakukan sejak dini dapat memperkecil resiko secara signifikan. Jangan tunda sampai nanti.

Makanan Agar Jantung Sehat

Tahukah Anda jenis makanan apa saja yang bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan jantung? Di sini saya akan beritahukan beberapa makanan terbaik dengan kandungan nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda. Baca lebih lanjut untuk mengetahui makanan apa saja yang terbaik untuk jantung Anda.

#1 Ikan
Berbagai jenis ikan seperti salmon, mackerel, dan lain-lain dikenal mampu menurunkan resiko aritmia dan aterosklerosis dimana keduanya merupakan faktor utama terjadinya penyakit yang berkaitan dengan jantung. Dosis terbaik untuk konsumsi ikan adalah 2 s/d 3 kali dalam seminggu. Inilah salah satu makanan pencegah sakit jantung yang terbaik.

Untuk mendapatkan manfaat ikan dengan maksimal jangan mengolah ikan dengan cara digoreng. Mengolah ikan dengan menggorengya justru dapat menambah resiko penyakit jantung terkait tambahan kolesterol dari proses penggorengan. Sebaiknya sajikan ikan dengan cara dikukus, dibuat menjadi sop, atau bisa juga dikreasikan menjadi aneka makanan lain. Tetapi ingat, tidak boleh digoreng!

Jika terpaksa ingin menyantap olahan ikan goreng juga tidak dilarang. Asalkan tetap dengan dosis sehat yaitu cukup sekali dalam seminggu.

#2 Kacang-kacangan
Kacang mengandung serat protein yang akan membuat jantung Anda menjadi sehat. Aneka jenis kacang-kacangan juga mengandung vitamin E yang akan membantu menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam darah.

Konsumsilah kacang rebus atau juga kacang panggang untuk mendapatkan manfaat kesehatan terbaik di dalamnya. Usahakan untuk tidak mengolahnya dengan cara digoreng agar tidak menambah jumlah kolesterol dalam tubuh.

#3 Oatmeal
Sarapan oatmeal telah lama dipromosikan sebagai model sarapan sehat oleh produsen oatmeal instan ternama. Oatmeal sangat kaya akan serat akan membantu untuk menurunkan kadar kolesterol buruk serta meningkatkan pencernaan. 

Oatmeal utuh yang masih dalam kondisi kasar dianggap paling baik untuk jantung. Ini juga termasuk makanan yang baik untuk jantung Anda. Sudah tahu ya kalau yang baik untuk jantung bukanlah oatmeal instan. Maka bukan hal mengejutkan kalau oatmeal termasuk ke dalam makanan diet jantung sehat.

 #4 Anggur Merah
Anggur merah membantu mengurangi deposit lemak di dalam pembuluh darah dan membantu melindungi jantung. Ini juga membantu mendetoksifikasi tubuh serta mengurangi berat badan. Meski demikian, konsumsi anggur merah untuk kesehatan memiliki batas tertentu. Maka ini juga termasuk makanan yang baik bagi jantung.

#5 Buah Berri
Dari kalangan buah-buahan ada keluarga berry yang berperan serta untuk menjaga kesehatan jantung. Dari seluruh anggota keluarga berry, stroberi dan blueberry dianggap sebagai dua terbaik untuk menurunkan tekanan darah serta melebarkan pembuluh darah. Asyik...bisa sering makan strawberry dengan aman nih. Hehe...

 #6 Teh Hijau
Teh hijau pada awalnya dikenal di negara Jepang. Penduduk di sana sering menyeduh daun teh kering untuk menyuguh tamu ataupun sekedar dijadikan teman makan cemilan di sore hari bersama keluarga.

Cukup dengan secangkir teh hijau per hari Anda dapat menghentikan pembentukan plak kolesterol dalam pembuluh darah. Bonusnya, teh hijau juga membantu meningkatkan laju metabolisme dan membuat Anda jauh dari masalah kelebihan berat badan.

#7 Coklat Hitam
Apakah Anda kaget melihat coklat hitam masuk dalam daftar makanan yang baik untuk jantung? Apakah coklat baik untuk jantung? Perlu untuk digarisbawahi di sini bahwa coklat yang baik untuk jantung bukanlah sembarang coklat melainkan hanya jenis tertentu yaitu coklat hitam. Manfaat coklat hitam untuk jantung sudah menjadi rahasia umum.

Coklat hitam mengandung 60% s/d 70% cocoa. Ini akan membantu menormalkan tekanan darah. Selain itu coklat hitam juga dapat membantu meredakan inflamasi dan juga mencegah terjadinya pembekuan darah. Manfaat coklat hitam untuk jantung dapat diraih maksimal jika Anda tidak menambahkan terlalu banyak pemanis ke dalamnya. Jadi, jangan ragu lagi ya untuk mengkonsumsi coklat hitam.

#8 Brokoli dan Bayam
Keduanya mengandung vitamin dalam jumlah banyak. Selain itu, brokoli dan bayam juga mengandung sejumlah mineral dan antioksidan. Ini akan membantu mengaktifkan jantung dan menormalkan tekanan darah. Keduanya juga kaya akan kandungan serat. Maka tidak salah jika brokoli dan bayam termasuk baik bagi jantung.

#9 Minyak Zaitun
Dengan hanya 2 tetes minyak zaitun murni per hari Anda sudah menurunkan level kolesterol jahat sekaligus gula dalam darah. Ini adalah jenis minyak yang bisa diminum dan tidak akan mengganggu pencernaan. Anda dapat menambahkan minyak zaitun secukupnya ke dalam salad sayur dan buah untuk menambah cita rasa sekaligus menjaga kesehatan jantung.

#10 Alpukat
Buah dengan kulit berwarna hijau dan daging buah kuning kehijauan ini memiliki cita rasa yang lezat dan berminyak. Buah alpukat biasanya dibuat jus atau dijadikan sebagai bahan campuran pada sajian es teler.

Dengan kelezatannya, alpukat menjadi anugerah yang akan membantu menurunkan tingkat kolesterol jahat dan sekaligus membersihkan pembuluh arteri. Selain itu alpukat juga sangat kaya akan kandungan lemak baik dan juga sehat. Jadi jika Anda mencari sumber lemak yang tidak akan membuat gendut, belilah alpukat.

Makanan untuk jantung agar sehat tidak hanya obat-obatan dan segala yang tidak enak di lidah. Dengan kreativitas yang dimiliki, kita bisa mengolah aneka bahan makanan di atas menjadi hidangan lezat dan sekaligus sehat. Meski secara umum bahan-bahan di atas terlihat seperti makanan pada umumnya, namun konsumsi makanan sehat tersebut dengan cara yang tepat dapat dijadikan sebagai obat untuk gejala jantung.

Sekian untuk hari ini, semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya! ^_^


(diens)

Post a Comment for "Turunkan Resiko Penyakit Jantung Dengan Konsumsi Makanan Enak Ini"