Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ubi Jalar Sebagai Alternatif Pengobatan Diabetes? Ini Dia Alasannya!

mengapa ubi jalar cocok untuk penderita diabetes

Menjalani hidup dengan diabetes memang bisa dikatakan tidak mudah. Seseorang akan diharuskan untuk mengadakan penyesuaian diri terkait dengan terdiagnosisnya penyakit tersebut. Segala tantangan harus dihadapi demi mempertahankan kondisi tubuh agar tetap baik, termasuk harus mengubah gaya hidup secara total. Ngomong-ngomong tentang diabetes, tahukah Anda jika ubi jalar manis bisa memberikan manfaat yang bagus bagi para penderita diabetes?

Saat ini diabetes sudah seperti penyakit yang sangat umum. Tidak hanya kaum yang telah berumur, bahkan anak muda juga sudah banyak yang mengidap penyakit ini. Diabetes merupakan suatu kondisi dimana produksi insulin di dalam tubuh tidak normal dan juga tubuh kehilangan kemapuan untuk menggunakan insulin sebagaimana mestinya. Hal tersebut akhirnya berujung pada sejumlah gejala yang tidak diinginkan.

Dari sejumlah gejala yang mungkin terjadi, kadar gula darah yang tinggi adalah salah satunya gejala paling umum. Termasuk juga penurunan berat badan secara drastis, peningkatan produksi air seni, sistem imunitas yang menurun, penglihatan kabur, rasa lapar yang terus menerus, kaki yang mengalami mati rasa, dan lain sebagainya.

Diabetes memang tidak dapat disembuhkan, tidak ada obatnya. Namun demikian diabetes dapat dikontrol dengan perlakuan khusus. Masalahnya, jika pasien dengan kondisi diabetes dibiarkan begitu saja tanpa perawatan khusus, kasus tersebut dapat berujung pada kondisi yang sangat fatal seperti gagal jantung.

Menjaga pola hidup sehat sangatlah penting untuk dilakukan secara disiplin oleh para diabetesi. Caranya sangat mudah, hanya saja kadang pasien tidak bisa disiplin dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari mereka. Beberapa perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan adalah berolahraga secara teratur seperti berjalan kaki dan juga membuat beberapa perubahan dalam pola makan mereka. Hal ini tentu saja harus dikonsultasikan kepada dokter spesialis terlebih dahulu.

Di tengah kekhawatiran yang mendera para diabetesi, baru-baru ini ada penelitian yang menyebutkan bahwa ternyata umbi manis atau ubi jalar manis atau yang juga sering disebut dengan ketela rambat mengandung beberapa zat yang dapat mengontrol beberapa gejala penyakit diabetes. Sebelum membahas manfaatnya untuk penyakit diabetes, mari kita ulas tentang kandungan gizi ubi jalar terlebih dahulu.

Kandungan Gizi Ubi Jalar
Meski merupakan tanaman umbi yang sering dipandang sebelah mata, ubi jalar ternyata memiliki kandungan vitamin C sekitar 37% dari kebutuhan tubuh. Selain vitamin C kandungan ubi jalar lainnya adalah mangan, vitamin B6, dan potasium. Di samping itu ubi jalar juga mengandung zat penting lainnya yaitu:

#1 Kolin
Kolin adalah zat penting yang berfungsi untuk membantu transmisi dalam sel syaraf, membantu proses penyerapan lemak, serta mempertahankan struktur membran sel. Menurut penelitian, ubi jalar juga bisa memberikan manfaat sebagai anti radang dan penangkal radikal bebas bagi tubuh.

#2 Beta Karoten
Beta karoten berfungsi untuk menunda terjadinya proses penuaan dan juga melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti jantung, kanker, dan asma. Beta karoten akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Meski tidak memiliki hubungan dengan diabetes secara langsung namun kandungan beta karoten di dalam ketela rambat ini dapat membantu meningkatkan kualitas penglihatan yang biasanya menurun pada kondisi diabetes.

#3 Serat dan Kalium
Bagian dari ubi jalar yang memiliki kandungan kedua zat tersebut adalah kulitnya. Meskipun kulit ubi jalar berbeda-beda dalam warnanya yaitu ada yang ungu, merah, atau kuning namun kandungan gizinya tetap sama. Dengan demikian akan sangat baik bagi Anda untuk mengkonsumsi ubi jalar bersama dengan kulitnya agar bisa mendapatkan manfaat dari kedua zat tersebut.

Itulah kandungan gizi ubi jalar yang begitu kaya. Dengan berbagai kandungan tersebut, tidak heran jika ubi jalar sering dikaitkan dengan beberapa penyakit serius seperti diabetes. Apakah ubi jalar baik untuk penderita diabetes? 

Manfaat Ubi Jalar Untuk Diabetes

Menurut beberapa penelitian, beberapa zat yang terkandung di dalam ubi jalar membuat makanan tersebut berkhasiat bagi para penderita diabetes. Lantas seperti apa khasiat ubi jalar bagi diabetes? Mari kita simak 3 penjabarannya di bawah ini.

#1 Menstabilkan Level Insulin
Umbi manis memiliki kemampuan untuk menstabilkan produksi hormon insulin dalam tubuh. Hal ini memungkinkan mengingat ubi jalar memiliki indeks glikemik yang rendah. Dengan demikian, seseorang dengan diabetes atau yang beresiko terkena diabetes dapat mengkonsumsi ubi jalar manis secara teratur dengan aman.

#2 Melancarkan Pencernaan
Dari banyak penderita diabetes, kebanyakan diantaranya mengeluhkan terjadinya masalah pencernaan seiring dengan pola makan yang berubah secara drastis. Dengan kandungan serat yang melimpah, ubi jalar manis dapat membantu mendorong sisa pencernaan untuk keluar dari usus sekaligus membuatnya lunak. Jadi, Anda akan terhindar dari masalah konstipasi. Ubi jalar manis juga dapat merangsang produksi cairan pencernaan yang sehat sehingga akan memperlancar proses pencernaan.

#3 Meningkatkan Proses Metabolisme
Seperti yang kita ketahui, penyakit diabetes merupakan suatu kelainan metabolik serius yang akan mempengaruhi sistem metabolisme tubuh. Ubi jalar manis kaya akan berbagai nutrisi seperti protein, vitamin, mineral, dan bahkan karbohidrat. Berbagai kandungan gizi tersebut akan berfungsi untuk memperbaiki sistem metabolik tubuh para diabetesi dengan meningkatkan proses metabolisme tubuh. Selain itu, ubi jalar manis juga bisa membantu menurunkan berat badan secara sehat pada pasien diabetes dengan berat badan berlebih.

Demikian penjabaran mengenai kandungan gizi dalam ubi jalar atau ketela rambat serta 3 alasan mengapa ubi jalar manis baik untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Jika Anda mengalami kondisi gula darah tinggi, pastikan untuk mengkonsultasikan pada dokter ahli terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi ubi jalar manis.

Meskipun sering dikatakan sebagai makanan kampung dengan nilai gizi yang rendah, ternyata ubi jalar memiliki berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat ubi jalar manis secara maksimal tanpa menimbulkan resiko kesehatan di belakang, sebaiknya Anda memperhatikan cara pengolahannya. Pilihlah cara pengolahan yang lebih sehat misalnya dengan cara membuat sajian ubi jalar rebus atau ubi jalar kukus. Cara mengolah ubi jalar untuk diabetes adalah dengan tidak menggorengnya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan berikutnya! ^_^

(dinierianggara)

Post a Comment for "Ubi Jalar Sebagai Alternatif Pengobatan Diabetes? Ini Dia Alasannya!"