Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wajib Tahu!!! Bahaya Tidur Setelah Makan, Dari Obesitas Hingga Kematian

apakah tidur setelah makan aman untuk dilakukan


Melakukan segala sesuatu pasti ada aturannya agar tidak berantakan atau menyebabkan masalah. Aturan tersebut juga berlaku untuk hal makan. Mungkin hanya segelintir orang yang menaruh perhatian pada hal apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan setelah makan. Seperti yang terjadi di lingkungan terdekat saya, banyak sekali orang yang sering melakukan hal yang sebetulnya sangat berbahaya untuk dilakukan setelah makan. Hal seperti apakah itu?

Sebelum melanjutkan pembahasan hari ini yang menyangkut hal terlarang untuk dilakukan setelah makan, izinkan saya bertanya terlebih dahulu. Hal-hal apa yang biasanya Anda lakukan setelah selesai menyantap makanan Anda? Apakah melakukan hobi menonton drama Korea, berjalan-jalan ringan, atau malah pergi ke pulau kapuk alias tidur pulas dengan perut kenyang? Apakah jawaban Anda ada di dalam pilihan?

Fenomena Tidur Setelah Makan
Ketika perut sudah terisi oleh makanan dan merasa kenyang, biasanya akan disusul oleh rasa kantuk. Mulai dari kantuk biasa sampai kantuk level dewa. Betul apa betul? Rasa ngantuk yang dirasakan setelah makan bukanlah terjadi tanpa proses ilmiah. Rasa mengantuk setelah makan biasanya timbul dengan cepat setelah mengkonsumsi makanan terlalu banyak. Dalam penjelasan yang lebih spesifik lagi secara ilmiah, makanan yang tinggi akan kandungan karbohidrat, gula, dan juga gluten akan memerlukan banyak insulin untuk memecahnya menjadi energi. Saat hal itu terjadi maka tubuh yang seharusnya mendapat energi justru kehilangan energi lebih banyak untuk memecah zat makanan tersebut. Inilah yang menyebabkan tubuh justru merasa ngantuk.

Nah, terlebih lagi makanan pokok penduduk Indonesia adalah nasi putih yang notabene memiliki kandungan karbohidrat sangat tinggi. Belum lagi jika setelah itu Anda masih mengkonsumsi makanan berbahan dasar terigu seperti gorengan dan kue-kue manis. Karbohidrat, terigu (gluten), dan gula adalah trio pembuat ngantuk yang tokcer! Maka dari itu jika Anda tidak ingin mengantuk setelah makan, sebaiknya konsumsilah makanan secukupnya dan kurangi asupan ketiga zat yang saya sebutkan di atas.

Ada Apa Dengan Tidur Setelah Makan
Tidur memang tidak dilarang untuk dilakukan, sebaliknya, kegiatan mengistirahatkan seluruh tubuh ini justru amat sangat dianjurkan. Namun dengan tanda kutip, tidur yang dianjurkan adalah tidur yang dilakukan ketika tubuh lelah setelah beraktivitas seharian. Lalu bagaimana dengan tidur setelah makan?

Setelah makan, tubuh bekerja memproses makanan yang Anda konsumsi untuk kemudian mengedarkan sarinya ke seluruh tubuh dan membuang sisanya melalui feses. Jika tubuh tertidur setelah makan, proses metabolisme pun akan tertunda dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Akibat tidur setelah makan yang paling sering terjadi adalah kenaikan berat badan yang tidak terkontrol. Biasanya kenaikan berat badan ini disebabkan oleh peningkatan timbunan lemak di dalam tubuh. Padahal, kegemukan adalah awal dari beberapa penyakit berbahaya seperti diabetes dan penyakit jantung yang merupakan ancaman besar bagi nyawa Anda dan semua orang yang Anda cintai.

Sialnya, kenaikan berat badan yang terjadi dengan cara ini bukanlah kenaikan yang baik. Tandanya adalah tubuh yang menggembung di bagian tertentu, paling umum adalah perut yang membuncit. Sementara lemak yang menumpuk di perut termasuk salah satu yang paling sulit dienyahkan.

Bagaimana Caranya Agar Tidak Mengantuk Setelah Makan
Agar tidak mengantuk setelah makan, Anda harus mematuhi beberapa aturan dasar. Caranya sangat mudah yaitu dengan menghindari makanan tinggi karbohidrat, gula, dan gluten. Prinsip tersebut hanya berlaku jika tubuh Anda telah mendapatkan waktu istirahat yang cukup yaitu sekitar 6 hingga 7 jam dalam sehari.

Jika makanan pokok sehari-hari Anda tidak jauh dari ketiga komponen tersebut, Anda masih boleh mengkonsumsinya asalkan tidak dalam jumlah yang berlebihan. Jika perut terasa belum kenyang, Anda dapat menambahkan segelas air putih dan memperbanyak sayuran di meja makan. Jika masih ingin makan sesuatu lagi, konsumsilah buah segar yang telah dicuci bersih. Selain dapat mengenyangkan dan menambah nutrisi untuk tubuh, konsumsi buah-buahan juga tidak akan menimbulkan rasa kantuk selayaknya karbohidrat.

Tubuh sebenarnya lebih membutuhkan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi daripada sekedar perasaan kenyang yang justru sering menghambat produktivitas kita sehari-hari. Maka dari itu sebisa mungkin pilihlah jenis makanan yang sehat, tetap mengenyangkan, namun tidak membuat Anda mengantuk.

Nah, itu dia ulasan mengenai hal berbahaya yang dilakukan setelah makan yang bisa saya sampaikan. Sekedar berbagi tips agar saya dan Anda bisa menjadi pribadi yang lebih produktif tanpa harus menghilangkan hak tubuh untuk tidur.

Sekian dulu untuk hari ini, terimakasih dari hati yang terdalam untuk Anda yang telah sudi datang ke blog ala kadarnya ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya. Stay tune! ^_^

(dinierianggara)

Post a Comment for "Wajib Tahu!!! Bahaya Tidur Setelah Makan, Dari Obesitas Hingga Kematian"